Update Covid-19 Malut Per 3 Juni : Tambahan 2 Orang Positif, 1 Pasien Positif Asal Haltim Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Perkembangan covid-19 Provinsi Malut per 3 Juni 2020. (sumber: Gustu Covid-19 Malut)

Ternate, Haliyora.com

Tim Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara kembali menyampaikan situasi terkini perkembangan Covid-19 di Maluku Utara per 3 Juni 2020. Dalam keterangan tertulisnya disampaikan, perkembangan situasi Covid-19 ini bersumber dari pengolahan data di Pusat data dan informasi gugus tugas Covid-19 Maluku Utara yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan KKP Kelas III Ternate.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana penjelasannya, bahwa Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) hari ini (3/6) mengalami penurunan sebanyak 31 orang, sehingga akumulasinya berjumlah 789 orang. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengalami penurunan sebanyak satu orang sehingga akumulasinya menjadi 63 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mengalami penambahan sebanyak tiga orang sehingga secara keseluruhan berjumlah 28 orang .

Selain itu, tim gugus juga menyampaikan perkembangan terbaru jumlah orang yang terkonfirmasi positif.
Dalam keterangannya disebutkan, hasil pemeriksaan melalui TCM di RSUD Chasan Boesoirie sebanyak tiga spesiemen dari tiga orang untuk diagnosa, dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif sebanyak dua orang, satu orang dari Haltim dan satu orang dari Kota Ternate, sehingga total jumlah positif Covid-19 berjumlah 176 orang, selanjutnya kasus baru ini dinamakan 175-176.

Selanjutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan TCM di RSUD Chasan Boesoirie pada tanggal 2 Juni, follow up terhadap lima spesimen untuk lima orang dengan hasil satu pasien dinyatakan sembuh, pasien tersebut berasal dari Tidore Kepulauan, sehingga angka total pasien sembuh berjumlah 30 orang.

Untuk jumlah kasus meninggal disampaikan pada hari ini bertambah satu orang, yaitu pasien 175 inisial M asal Halmahera Timur meninggal pada tanggal 2 Juni, dengan demikian jumlah pasien meninggal akibat Covid-19 sebanyak 16 orang.

Sementara itu, untuk pemeriksaan Rapid Test, telah dilakukan pemeriksaan kepada 6.168 orang dengan hasil 376 orang reaktif dengan status 116 orang OTG, 58 ODP dan 36 orang PDP serta 166 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

Dalam keterangan pula dinyatakan saat ini 28 orang sementara dirawat di RSUD Chasan Boesoirie Ternate, terdiri dari 15 orang positif Covid-19, dan 13 orang PDP. Sedangkan yang jalani karantina di Hotel Shahid sebanyak 80 orang dengan rincian 61 pasien Positif, enam OTG, tujuh PDP dan enam orang pelaku perjalanan.

Tak lupa Tim gugus juga mengingatkan kepada masyarakat agar selalu gunakan masker saat bepergian, cuci tangan, hindari keluar rumah serta kerumunan, selalu makan makanan yang bergizi dan olah raga, demikian keterangan tertulis Tim gugus Provinsi Maluku Utara yang diterima Haliyora.com pada Rabu 3 Juni 2020. (Jae)

Pos terkait