Hasil Rapid Tes Positif, 1 Warga Halsel Diisolasi di RSUD Labuha

  • Whatsapp

Labuha, Haliyora.com

Seorang warga Kecamatan Bacan Selatan diketahui positif Corona lewat hasil pemeriksaan Rapid tes oleh Tim Medis Satgas Covid-19 Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Senin (14/4).

Bacaan Lainnya

Sekretaris Satgas Covid-19 Halsel Daud Djubedi saat diwawancarai mengatakan, bahwa 1 Pasien Dalam Pengawan (PDP) tersebut baru dikatakan positif lewat Rapid Tes, yang keakuratannya hanya 30 persen. Pasien tersebut akan diperiksa lagi menggunakan Swab tes untuk memastikan 100 persen positif atau tidaknya pasien tersebut. “ iya hasil Rapid tes itu positif, tapi nanti akan dilakukan swab tes lagi, pasien ini sekarang masih berstatus PDP,” kata Ungkap Daud.

Menurut Daud, pasien yang berumur 60 Tahun ini, sempat mendapat hasil negatif pada Rapid tes pertama. Sedangkan hasil positif didapat dari Rapid tes kedua hari ini oleh Tim medis Satgas Covid Halsel. “Pasien tersebut pada 28 Maret 2020 kemarin tiba di Bacan, Halsel, usai menjenguk cucunya di Jakarta,” terangnya.

Pasien tersebut saat ini sudah diisolasi diruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha. Dari temuan kasus tersebut, puluhan orang yang terdiri dari keluarga pasien dan Karyawan toko milik keluarga Pasien ikut diperiksa. Bahkan rumah yang ditinggali pasien saat ini dijaga ketat pihak keamanan satgas agar tidak ada yang keluar maupun ada yang masuk ke rumah tersebut sebagai bagian dari upaya pencegahan.

Dari kasus baru ini, Data dari Satgas Covid-19 Halsel, ODP tersisa 84 orang, yang sebelumnya 108 orang. 24 ODP disebut telah selesai melewati masa pemantauan tim Medis dan tidak menimbulkan gejala saat pemeriksaan. Sementara 1 kasus PDP yang belum sempat masuk data perhari ini, karena close data tim satgas pada 12.00 sebelum adanya hasil Rapid tes pasien tersebut. “ satu kasus ini besok baru masuk PDP didata Satgas Covid Halsel, jadi untuk data resmi hari ini, selain 84 ODP, PDP masih 0, OTG 0 dan isolasi Mandiri 0,” tutup Daud. (liken)

Pos terkait