Drs. Hi. Syamsir Andili dan Karya yang Terkenang (1)

  • Whatsapp
(Alm) Drs. H. Syamsir Andili. Foto: Istimewa (Facebook.com)

Ternate, Haliyora.com

Gajah mati meninggalkan gading. Manusia mati meninggalkan nama.

Bacaan Lainnya

Peribahasa itu pantas disematkan kepada Drs. Hi. Syamsir Andili atau lebih populer disapa Ko Syam. Beliau adalah tokoh yang disegani dan dihormati banyak kalangan, baik kawan maupun lawan.

Beliau pernah menjabat Walikota Ternate selama dua periode pada 1999-2010 dengan menoreh segudang prestasi. Kini Ko Syam telah tiada. Beliau tutup usia pada, Jumat (24/01/2020). Usai shalat subuh.

Kepergian Ko Sam banyak meninggalkan kenangan. Sejumlah kalangan mendeskripsikan Ko Syam sebagai sosok yang patut diteladani.

M. Tauhid Soleman, mantan Sekretaris Kota Ternate mengatakan, H. Syamsir Andili adalah pemimpin yang teguh memegang aturan dalam menjalankan kepemimpinannya.

“Beliau selalu tekankan kepada kami (Pimpinan SKPD) agar mengedepankan aturan pada setiap melakukan kegiatan maupun membuat
kebijakan,” ujar Tauhid.

Sementara, Abdurachman Lahabato menyebut Hi. Syamsir Andili adalah teladan bagi orang yang mau memimpin dengan rasa. “Ko Sam adalah teladan bagi siapa saja yang mau belajar jadi leader yang memimpin dengan rasa,” ujar mantan anggota DPD RI itu.

Lahabato menilai, Ko Syam dalam kepemimpinannya sangat menjaga agar tidak ada yang tersakiti dan selalu akomodatif. Sikap tersebut, lanjut Haji Man (begitu ia biasa disapa) membuat Ko Syam disenangi sekaligus disegani oleh kawan maupun lawan.

“Sebagai orang pers, pengusaha, juga politisi, saya kagum pada almarhum. Dia paham dan hormati pentingnya media serta peran pers. Dalam dunia usaha, Ko Syam juga dorong tumbuhnya pengusaha di Maluku Utara. Ko Syam mampu beri stimulus bagi lahirnya sekian pengusaha di Maluku Utara. Ko Sam juga seorang guru politik. Selalu mengedukasi sesama untuk punya visi. Akomodatif untuk kepentingan bersama,” terang mantan Pemred Ternate Pos dan Kontributor RCTI Maluku Utara itu.

Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailusi, juga punya kenangan indah terhadap Ko Syam. Di mata mantan Ketua PMII Cabang Ternate itu, Hi. Syamsir Andili adalah figur pemimpin yang merakyat, suka menyapa siapa saja. Terbuka dan mau menerima gagasan orang lain.
Menurutnya, gagasan-gagasan Hi. Syamsir Andili sangat spektakuler. Sosok pemimpin yang berintegritas tinggi dan punya karya yang tak sanggup dihitung. “Ko Sam adalah guru saya,” ujar Ketua PKB Kota Ternate.
Senada dengan Muhajirin, anggota DPRD Kabupaten Halmahera Tengah Faris Abdullah, juga mengagumi sikap dan kepemimpinan Ko Syam. Katanya, Ko Syam adalah sosok yang hangat, baik sebagai pemimpin maupun sebagai pribadi. “Saya cukup dekat dengan Ko Syam sejak saya jadi Ketua HMI Cabang Ternate. Banyak sumbangsih beliau kepada saya maupun terhadap HMI dalam bentuk moral maupun materil,” katanya.

Namun, ada yang tidak bisa dilupakan politisi Golkar itu. “Satu hal yang tidak bisa saya lupakan adalah gaya kepemimpinan Ko Syam. Beliau selalu menyapa dan mengajak berkomunikasi,” tutup Faris. (tim)

Pos terkait