Penumpang Tak Diperiksa, KSOP Ternate : Belum Ada Instruksi Satgas, Sesuaikan Syarat Daerah Tujuan

  • Whatsapp
Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan, KSOP Kelas II Ternate, Muhlis Djunaidi

Ternate, Maluku Utara- Seluruh pelaku perjalanan dari Ternate ke luar daerah wajib menunjukkan hasil PCR atau sertifikat vaksin dosis satu. Syarat itu juga berlaku bagi pelaku perjalanan dari Ternate ke kabupaten/kota lain dalam wilayah Maluku Utara.

Itu disampaikan oleh Sekertaris Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ternate, Arif Gani kepada Haliyora, Jum’at (16/07/2021)

Bacaan Lainnya

Dikatakan, bagi pelaku perjalanan tidak menunjukan PCR atau tidak mempunyai sertifikat vaksin dosis satu, maka tidak akan diberangkatkan. “Itu sanksinya, yakni tidak diberikan pelayanan administrasi pemerintahan. Ini merupakan kebijakan pemerintah sebagai upaya mencegah dan memutus mata rantai Covid-19,” terangnya.

Sementara, amatan Haliyora pada Sabtu malam (17/07/2921), di pelabuhan Bastiong Ternate, pelaku perjalanan (penumpang) moda transportasi laut  dari Ternate tujuan Bacan tidak dilakukan  pemeriksaan PCR ataupun sertifikat vaksin.

Muksin, salah satu penumpang tujuan Labuha, Bacan, saat diwawancarai Haliyora.id menyampaikan, saat menaiki kapal tidak ada pemeriksaan apapun dari pihak satgas covid-19 Kota Ternate. “Tarada pemeriksaan, samua biasa-biasa saja,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahkan saat membeli tiket di loket pun tidak ditanyakan. “Pas beli tiket tadi juga tara ditanya,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Fitria, penumpang lainnya. Katanya,  tidak ada pemeriksaan apapun dari KSOP maupun tim Satgas covid-19. “Mereka tidak ditanyakan hasil PCR maupun sertifikat vaksin pa torang,” ucapnya.

Sementara, Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan, KSOP Kelas II Ternate, Muhlis Djunaidi saat dikonfirmasi menyampaikan, belum menerima instruksi atau apapun terkait persyaratan perjalanan dari tim satgas Kota Ternate.

“Yang ada baru dari Pemerintah Daerah Morotai yang mengeluarkan surat terkait persyaratan perjalanan, sehingga tujuan Morotai saat ini sudah diberlakukan pemeriksaan hasil Antigen atau PCR negatif Covid. KSOP menyesuaikan kebijakan satgas daerah setempat,” ungkapnya. (Wan-1)

Pos terkait