Pemprov Malut Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Halut

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsudin A. Kadir

Sofifi, Haliyora

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Utara Samsudin A. Kadir  mengatakan, Pemerintah Provinsi sudah mengirim bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir di Halmahera Utara.

Bacaan Lainnya

“Pemprov sudah kirim bantuan kepada masyarakat korban banjir di Halut. Bantuan tersebut dibawa langsung oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi ke lokasi bencana atas instruksi gubernur,” ujarnya, Senin (18/01/2021).

Kata dia, pemprov bergerak cepat memberikan bantuan setelah mendengar informasi Bupati Halut mengeluarkan instruksi tanggap darurat.

“Jadi mekanisme yang kita harus lakukan adalah Bupati keluarkan instruksi tanggap darurat, barulah pemprov menyalurkan bantuannya, kebetulan berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kepala BPBD Provinsi, bahwa Bupati Halut  sudah membuat tanggap darurat, sehingga pak gub langsung perintahkan BPBD antar langsung bantuan ke lokasi bencana,” jelasnya.

Samsudin juga belum memastikan apakah Gubernur atau wakil gubernir akan mengunjungi warga di lokasi bencana. “Kalau soal itu tanyakan ke Karo Humas,” ujar Samsudin.

Terpisah, Kepala BPBD  Provinsi Maluku Utara, Yunus Badar, kepada Haliyora mengatakan, pihaknya sudah menyalurkan bantuan ke Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, berupa Alat Kebersihan keluarga sebanyak 38 paket, perlengkapan keluarga 30 paket, perlengkapan bayi 35 paket, selimut 40 buah, tenda gulung 4 buah, matras 30 buah, sandang 25 paket, 6 paket rekreasi, vitamin 18 boox, Hasmat 80 pcs, Handsanitizer 4 gelong, Sarung 20 lembar, dan masker kain 2.500 pcs.

“Bantuan tersebut kami bawa langsung ke lokasi bencana, pada Minggu (17/01/2021) kemarin dan diterima oleh Kepala pemerintah kabupaten  Halut,” ungkapnya. (Sam-1)

Pos terkait