Pemkab Halut Gelar Apel Ikrar Netralitas ASN

  • Whatsapp

Tobelo, Haliyora.com

Menyongsong Pemilihan Kepla Daerah (Pilkda) Halut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara ( Halut ), Rabu (23/9/2020) menggelar Apel Ikrar Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Halaman Kantor Bupati Halut.

Bacaan Lainnya

Apel tersebut diikuti seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara. Hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmen dan dukungan ASN sebagai pelayan publik untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada di Halut, 9 Desember 2020 mendatang.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Yudihart Noya dalam sambutanya mengatakan, ASN harus menjaga netralitas dalam Pilkada. Hal ini sesuai dengan SKB (Surat Keputusan Bersama) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Komisi Aparatur Sipil Negara, dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 05 Tahun 2020, Nomor 800-2836 Tahun 2020, Nomor 167/KEP/2020, Nomor 6/SKB/KASN/9/20, Nomor 0314 tentang Pedoman Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020 bahwa ASN memiliki panduan terkait pelaksanaan Pilkada yang harus ditegakkan.

“Kita harus menjaga, mengontrol serta berpartisipasi dalam konteks Pilkada. Sebagai ASN kita harus bersikap netral dalam pilkada ini. Fokus dan semangat berkerja untuk melayani masyarakat”, ucap Sekda.

Lebih lanjut ia menambahkan, saat ini masyarakat diperhadapkan dengan situasi pandemi Covid-19, maka selain melakukan tugas-tugas rutinitas, sebagai pelayan masyarakat, kita harus fokus dalam penanganan Covid-19.

“Maka sebaiknya kita bersama-sama menjadi duta kemanusian tentang protokol kesehatan”, imbuhnya.

Sekda mengingatkan, bahwa Bupati Halut Frans Manery juga ikut sebagai salah satu calon bupati pada pilkada 9 Desember 2020, meski demikian ia mengingatkan agar ANS di lingkup Pemda Halsel dapat menjaga netralitasnya.

“Saya ingatkan, dalam waktu dekat pak bupati akan cuti sebagai salah satu calon bupati Halut, maka saya harap semua ASN di lingkungan pemda Halut tetap netral. Kita terikat oleh aturan kita sendiri yakni Undang-Undang tentang Netralitas ASN,” ujar sekda mengingatkan.

Pada apel Gabungan, ASN diikrarkan tentang netralitas ASN sebagai kesiapan menghadapi Pilkada sesuai dengan profesionalisme ASN. (Fik-1)

Pos terkait