Jelang Pilkada Halsel, Perekaman E-KTP Didominasi Pemilih Pemula

  • Whatsapp
Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Halmahera Selatan, Mahmud Samiun (foto :Asbar/Haliyora.com)

Halsel, Haliyora.com

Selama tiga bulan pertama pandemik Covid-19, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) praktis tidak melakukan aktifitas pelayanan masyarakat, terutama perekaman Kartu Kependudukan. Pelayanan secara online dilakukan khusus pembuatan dokumen Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran dan lain-lain. Itu pun baru dimulai bulan kemarin.

Bacaan Lainnya

“kita di Dukcapil dalam fase covid-19 selama tiga bulan tidak ada pelayanan perekaman E-KTP, bulan kemarin akibat covid-19 pelayanan melalui online khusus buat dokumen Kartu Keluarga, AKTE Kelahiran dan lain-lain, di luar dari perekaman E-KTP,” ujar Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Halmahera Selatan, Mahmud Samiun, Senin (13/07/2020) di ruang kerjanya.

Sekarang setelah ada kebijakan pemerintah tentang kebiasaan hidup baru dalam masa pandemi, maka kantor dukcapil Halsel mulai melakukan pelayanan, terutama perekaman E-KTP karena kebutuhan jelang pilkada. Pelayanaan secara langsung itu dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan

“Jelang pemilihan kepala daerah (pemilukada) kita diinstruksikan melakukan pelayanan perekaman pembuatan E-KTP. Jadi pelayanannya langsung di kantor dengan mengikuti protokol kesehtan,” jelasnya.

Kata Mahmud, sejak dibuka pelayanan perekaman E-KTP, yang paling banyak datang melakukan perekaman adalah dari kalangan pemilih pemula.

“Pengurusan perekaman E-KTP itu rata-rata dari pemilih pemula. Dalam sehari berkisar 100 orang melakukan perekaman, dan rata-rata 50-70 orang dari kalangan pemilih pemula. Paling kurang suda 40 orang,” ungkap Mahmud.

Mahmud menambahkan, blanko KTP yang tersedia di bulan Januari-Juni sebanyak 3000, kemudian ada penambahan di bulan Juli sebanyak 2000 blangko, total 5000 blanko. Dari jumlah tersebut, yang sudah terisi (terpakai) sebanyak 2.385, tersisa sebanyak 2.615 blangko.

“Dengan tambahan 2.385, maka total penduduk yang melakukan perekaman /pemegang E-KTP tercatat di Dukcapil Halsel sebanyak 141.000 orang,”rinci Mahmud. (Asbar)

Pos terkait