Anggaran Covid-19 Menipis, DPRD Kota Ternate Menunggu Rasionalisasi Pemkot

  • Whatsapp
Muhajirin Baillusy Ketua DPRD Kota Ternate (foto: Istimewa/Google.com)

Ternate, Haliyora.com

Pemerintah Kota Ternate menyiapkan dana awal sebesar 9,5 miliar rupiah untuk penanganan Civid-19.

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Ternate, M. Taufik Jauhar, dana tersebut sudah terpakai sebesar 8 miliar lebih oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota ternate. “Mereka sudah cairkan 7 kali total 8 miliar lebih,” kata Taufik pada, Rabu kemarin.

Keterangan Taufik itu mengindikasikan bahwa anggaran untuk penanganan Covid-19 di Kota ternate hampir ludes.

Lalu bagiamana langkah antisipasinya ?

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Muhajirin Bailusy mengatakan, DPRD masih menungggu pihak eksekutif, dalam hal ini bagian keuangan untuk melakukan rasionalisasi untuk menyesuaikan arahan Mendagri dan Menkeu.

“Sementara lagi dibahas oleh Pemerintah Kota Ternate. Mereka juga membuat rasionalisasi sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan,”ujar Muhajirin saat dikonfirmasi Haliyora.com via telpon seluler, Kamis (14/05/2020).

Muhajirin menjelaskan, setelah dirasionalisasi oleh bagian keuangan Pemkot, barulah DPRD memanggil Tim Gugus Tugas kesehatan untuk dimintai kejelasannya. Mereka (Gustu Kesehatan) harus menjelaskan hal-hal yang dibutuhkan, kemudian Kadis Keuangan melakukan rasionalisasi berapa yang mereka butuhkan.

“Kami DPRD lagi menunggu mereka melakukan rasionalisasi baru kita panggil Tim Gugus Tugas dari kesehatan memintah kejelasan mereka,”jelasnya.

Muhajirin belum memastikan kapan melakukan pertemuan dengan pihak terkait untuk membahas dan menetapkan anggaran Covid-19.

“Soal waktu kita dari DPRD belum tentukan kapan kita bisa bertemu dan melakukan diskusi soal ini, yang jelas mereka melakukan rasionalisasi itu banyak kegiatan harus dibuka satu per satu, harus juga dikordinasi sama SKPD terkait,”ujarnya.

Katanya, pembahasan terkait anggaran biasanya membutuhkan waktu sedikit panjang.

“Kalu pembahasan terkait dengan anggaran itu membutuhkan waktu sedikit panjang. Kita dari DPRD sudah melakukan rapat sebanyak dua kali. Rapat yang kita lakukan itu sudah dua Minggu membahas terkait dengan masalah ini,” tutup Muhajirin. (Sam)

Pos terkait