Tangani Corona, Pemprov Malut Anggarkan Rp 251 Miliar?

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Untuk percepatan penanganan Covid-19, Pemerintah Provinsi Maluku Utara menyiapkan anggaran ratusan miliar rupiah.

Bacaan Lainnya

Tahap pertama 15 miliar rupiah bersumber dari Dana Tak Terduga (DTT) diambil untuk penanggulangan bencana non alam itu. Disusul kemudian merealokasi dana APBD sebesar 148 miliar.

Kini disebutkan ada dana sebesar 88 miliar hasil refocusing yang juga digelontorkan untuk penanganan Covid-19. Sehingga total anggaran untuk penanganan Covid-19 Maluku Utara di luar DTT 15 miliar tersebut sebesar Rp 236 miliar.

Ini disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD), Bambang Hermawan kepada Haliyora.com, Rabu (06/05/2020) di Hotel Sahid Bela.

Bambang menyebutkan 148 miliar adalah realokasi, sehingga jika digabungkan dengan dana refocusing 88 miliar maka menjadi 218 miliar.

Mungkin bambang salah menyebutkan angkanya, karena jika 148 ditambahkan dengan 88 miliar maka seharusnya menjadi 236 miliar, bukan 218 seperti disebutkan Bambang.

Itu baru dua item anggaran. Kalau ditambahkan lagi dengan Dana Tak Terduga sebesar 15 miliar maka total keseluruhan anggaran yang disiapkan Pemprov Malut untuk penanganan Covid-19 hingga saat ini sebesar Rp 251 miliar rupiah.

Bambang menjelaskan. Dalam pengelolaannya, dana yang berasal dari realokasi APBD sebesar 148 miliar dikelola oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sedangkan dana refocusing sebesar 88 miliar itu berada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan merekalah yang langsung menaganinya. (Andre)

Pos terkait