Disperkim akan Data Seluruh Aset Milik Pemkot

  • Whatsapp

TERNATE — Haliyora, Persoalan aset pada Pemerintah Kota Ternate mendapat pehatian serius dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkim) Kota Ternate. Dalam waktu dekat, Disperkim akan menurunkan tim untuk melakukan pendataan terhadap seluruh aset Pemkot Ternate.

Kepala Disperkim Kota Ternate, Nuryadin Rahman, saat ditemui wartawan mengatakan bahwa pendataan dilakukan untuk pengecekan terhadap aset milik Pemkot Ternate.

Bacaan Lainnya

“Kami akan melakukan pengecekan sekaligus pendataan terhadap seluruh aset Pemkot, termasuk aset di lahan HGB (Hak Guna Bangunan-red) seperti Jatiland Mall dan lain-lain,” ujarnya.

Menurutnya, pengecekan itu dilakukan untuk mendataan kembali. Pasalnya, lokasi Jatiland Mall tersebut dibangun di atas lahan HGB. Oleh karenanya, pendataan dilakukan sesuai dengan program kerja Disperkim Kota Ternate di tahun 2020.

“Pendataan kami lakukan untuk melakukan kroscek, baik secara administrasi maupun kondisi riil terkait lahan-lahan HGB. Bukan hanya Jatiland, namun termasuk SPBU dan Hypermart. Intinya, semua bangunan yang berdiri di atas lahan HGB akan diidentifikasi dan didata kembali. Ini dilakukan agar Pemkot memiliki database yang lengkap dan selalu ter-update,” jelasnya.

Nuryadin menambahkan, pendataan juga bertujuan agar Pemkot Ternate tidak kesulitan dalam melakukan pengembangan kota, khususnya yang berkaitan dengan lahan HGB.

“Agar ke depan nanti, jika ada program pengembangan kota seperti perluasan kawasan HGB, Pemkot tidak akan kesulitan untuk membuka satu-persatu data lahan dan bangunan,” lanjutnya.

Nuryadin berharap, semua pihak dapat bekerja sama dengan baik guna mendukung Disperkim Kota Ternate dalam melakukan program pendataan ini.

“Waktunya sangat singkat jika dibandingkan dengan jumlah aset yang harus didata. Ada ratusan, bahkan mencapai di atas seribu aset. Identifikasi dan pendataan ini dilakukan dengan estimasi surat tugas selama satu minggu. Untuk itu, kami harap semua pihak mau bekerjasama agar program pendataan ini berjalan baik dan lancar,” tutupnya. (rbk)

Pos terkait