Satu Pasien Terduga Covid-19 Dirujuk ke RSUD Ternate

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Seorang pasien yang diduga terdampak virus corona atau Covid-19 dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoerie Ternate. Pasien yang berjenis kelamin laki-laki itu dirujuk dari rumah sakit Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan Halbar, Vin Kalengit membenarkan ada seorang pasien yang dirujuk ke RSUD Chasan Boesoeri Ternate. Namun belum dipastikan apakah tertular virus corona atau tidak pihaknya.

“Mohon maaf bapak. Yang kami rujuk adalah salah satu pasien yang riwayat perjalanannya beberapa hari kemarin dari Jakarta dan yang bersangkutan sakit dan masuk rumah sakit. Karena riwayat perjalanannya serta beberapa kriteria sakit yang dideritanya, maka kami rujuk ke Ternate untuk diperiksa lanjut. Jadi belum dipastikan terdampak corona karena belum ada hasil pemeriksaan,” terang Vin yang juga juru bicara tim Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Halbarpada Haliyora.com lewat aplikasi layanan pesan whatsaap, Kamis (19/03/2020).

Sebelumnya, sebuah vido pendek sempat beredar luas di masyarakat berisi keterangan seorang dokter yang menangani pasian tersebut. Video yang berdurasi 2.47 menit itu terdengar penjelasan seorang dokter perempuan yang diwawancarai wartawan.

Kata dokter dalam video itu bahwa hari ini, Kamis (19/03) seorang pasien dari Rumah Sakit Jailolo (Kabupaten Halbar,red) yang dirujuk ke RSUD Hasan Boesoerie Ternate.

Berikut petikan wawancara yang terekam dalam video pendek tersebut antara pewawancara yang selajutnya disebut (P) dan dokter disebut (D).

(P). “Masyarakat panik dengan adanya satu pasien dari Halmahera Barat yang sudah diisolasi terkait dengan covid-19 ini. Dokter mungkin bisa dijelaskan ?
(D). “ya, baik, ini yang membuat masyarakat menjadi panik, karena belum pernah kelihatan pemandangan seperti ini. Intinya pasien rujukan tadi sudah sesuai dengan protap (SOP) dimana semua yang mengantar dikarantina pasca rujukan selama empat belas hari.

Dihimbau masyarakat jangan panik ya, karena sudah seharusnya seperti ini. Jadi pasien dari rumah sakit Jailolo yang dirujuk ke rumah sakit umum Hasan Boesoerie Ternate sebagai rumah sakit rujukan pemda Provinsi Maluku Utara”.

(p). “ status dari pasien ini bagimana, dokter ?”
(D). “ Status pasien masih dalam observasi, masih dalam pengawasan, dan apabila diobservasi ada indikasi dan kalau harus melakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut maka akan segera kita lakukan. Yang jelas semuanya akan kami lakukan sesuai protapnya”.

(p). “ Baik, sebelumnya pasien ini kondisinya bagaimana sehingga kemudian dirujuk ke RSUD ?”
(D). “ Jadi kondisinya tadi dilaporkan pasien ini riwayat perjalanannya dari daerah yang terjangkit dan sekarang dalam kondisi demam dan juga diare, Jadi nanti kita lihat observasi selanjutnya seperti apa. (Red)

Pos terkait