Intip Tips Menggunakan Earphone Agar Tidak Merusak Telinga

- Editor

Rabu, 18 Januari 2023 - 16:59 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi earphone Jete (Sumber gambar: https://jete.id/)

Ilustrasi earphone Jete (Sumber gambar: https://jete.id/)

Bagi Anda yang punya kebiasaan mendengarkan lagu melalui earphone atau headset, bayang-bayang kerusakan telinga pasti akan sangat menghantui Anda. Hal ini dikarenakan gelombang suara yang terlalu keras dapat membuat robeknya gendang telinga sehingga memicu kerusakan saraf.

Oleh karena itu, sesuka apa pun Anda untuk mendengarkan musik, menonton film, atau menikmati hiburan lainnya dengan earphone, Anda tetap harus bijak dalam penggunaannya. Anda bisa mempraktikkan tips menggunakan earphone di bawah ini demi kesehatan pendengaran Anda!

Tips Aman Menggunakan Earphone

Agar terhindar dari kemungkinan terjadinya kerusakan pada gendang telinga yang pada akhirnya memicu gangguan pendengaran, Anda bisa mempraktikkan tips menggunakan earphone yang aman berikut!

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1.      Menggunakan Prinsip 60/60

Yang dimaksud dengan prinsip 60/60 adalah jangan menggunakan earphone melebihi batas waktu 60 menit dalam sehari. Volume suara yang didengarkan dari earphone pun diusahakan agar tidak melebihi ambang 60 persen.

Durasi pemakaian earphone yang tidak boleh lebih dari satu jam dalam sehari ini adalah anjuran dari WHO demi keawetan earphone yang Anda miliki sekaligus kesehatan telinga Anda. Mendengarkan musik atau suara lain dengan menggunakan earphone selama lebih dari 8 jam tanpa berhenti, dapat membuat telinga rusak secara permanen.

Sementara itu, volume diatur dengan rendah dan tidak melebihi 85 dB atau setara dengan suara buldoser karena dapat mencegah terpengaruhnya pendengaran. Alih-alih menggunakan earphone, lebih baik Anda mendengarkan musik untuk menemani keseharian dengan menggunakan speaker.

2.      Menjaga Kebersihan Telinga

Diketahui bahwa pemakaian earphone yang terlalu lama bisa membuat telinga menjadi tersumbat oleh kotoran. Jadi, Anda harus rajin membersihkan telinga Anda agar kotoran tidak menumpuk dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan iritasi.

BACA JUGA  Disperindagkop Tikep: Harga BBM di Tingkat Pengecer tak Bisa Diatur

3.      Memakai Perangkat yang Tepat

Penggunaan perangkat yang tepat juga harus diperhatikan demi menjaga kondisi telinga Anda dari kerusakan akibat pemakaian earphone. Perangkat earphone yang tepat biasanya memiliki fitur peredam kebisingan atau noise limiter.

4.      Menjaga Kebersihan Earphone atau Headset

Selain menjaga kebersihan telinga, Anda juga harus rajin membersihkan earphone dan headset. Yang perlu Anda lakukan adalah melepaskan bagian silikon dari earphone dan headset lantas merendamnya dengan menggunakan air sabun selama beberapa menit.

Setelah selesai merendam, angkat earphone dan headset dan seka menggunakan kain bersih sampai benar-benar kering.

5.      Hindari Penggunaan saat Tidur

Gelombang suara yang besar dari earphone akan makin menekan telinga jika Anda memakainya hingga tertidur. Apalaagi jika mengingat kondisi rumah siput atau koklea yang cukup peka terhadap gelombang suara tersebut.

Terdapat pula dugaan bahwa penggunaan earphone maupun headset saat tidur dapat membuat otak menjadi kurang beristirahat dan bahkan merusak sel-sel otak. Jadi, sebaiknya hentikan penggunaan earphone semalaman apalagi telinga sudah tidak mungkin lagi “mendengarkan” saat tertidur.

BACA JUGA  Listrik Sering “Kelap Kelip”, Pelaku Ekonomi di Halsel Merugi

6.      Mengonsumsi Omega-3 dan Vitamin Penting Lainnya

Selain memperhatikan pemakaian dan kebersihan telinga serta perangkat, Anda juga harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 dan vitamin D untuk mencegah terjadinya gangguan pendengaran. Sumber makanan dengan kandungan tersebut, antara lain ikan salmon, tuna, trout, atau sarden.

Menurut sebuah penelitian, orang dewasa yang mengonsumsi ikan-ikanan minimal dua kali dalam seminggu dapat mengalami penurunan risiko gangguan pendengaran yang terkait usia dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Asam folat dalam bayam, brokoli, telur, dan kacang-kacangan juga dapat menurunkan risiko kehilangan pendengaran hingga 20 persen.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan untuk penggunaan earphone yang lebih baik tanpa mengalami kerusakan pendengaran. Pada salah satu pembahasan telah disebutkan bahwa Anda juga bisa memilih perangkat earphone yang berkualitas seperti earphone dari Jete yang bisa Anda dapatkan di authorized online merchant di marketplace besar dan terpercaya seperti Blibli.

Di Blibli, Anda bisa mendapatkan penawaran harga yang terjangkau dan kualitas produk yang orisinal. Anda juga bisa berkesempatan memperoleh promo potongan harga, diskon gratis ongkos kirim, hingga memilih jasa pengiriman super cepat yang bisa disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan belanja Anda.

Berita Terkait

SOP Pengelolaan PLUT di Tikep Bakal Disiapkan
Nilai Ekspor dan Impor Malut pada Desember 2023 Turun
Beras jadi Penyumbang Inflasi di Kota Ternate 
Tingkat Hunian Kamar di Malut Per Desember 2023 Naik 2,22 Poin
Perekonomian Malut pada Kuartal III Tahun 2023 Meningkat
Ini Penyebab BBM Langka Beberapa Hari Terakhir di Morotai
BBM Mulai Langka di Morotai Jelang Nataru
Harga Bapok dan Barito di Morotai Melejit, Pedagang : Mau Gimana Lagi
Berita ini 76 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 10:08 WIT

Muhammadiyah : KUA Jadi Tempat Nikah Semua Agama Perlu Dikaji Ulang

Minggu, 25 Februari 2024 - 11:42 WIT

KUA Berubah Fungsi jadi Tempat Pencatatan Pernikahan Semua Agama

Minggu, 18 Februari 2024 - 19:56 WIT

Telan Anggaran Rp 1 Miliar, MTQ Tingkat Kota Ternate Diikuti 247 Peserta

Jumat, 16 Februari 2024 - 20:52 WIT

Fun Run Edukasi Geowisata Batu Angus

Rabu, 14 Februari 2024 - 18:12 WIT

PLN UIW MMU Cek Kesiapan Pasokan Listrik di Kantor KPU dan Bawaslu Jelang Pemungutan Suara

Rabu, 14 Februari 2024 - 18:11 WIT

PLN UIW MMU Resmikan Komunitas Kendaraan Listrik Pertama di Tanimbar

Senin, 12 Februari 2024 - 21:38 WIT

Pastikan Pesta Demokrasi Berjalan Lancar, Dirut PLN Pimpin Langsung Pengamanan Pasokan Listrik dari Posko Nasional Siaga Pemilu

Senin, 12 Februari 2024 - 20:56 WIT

PLN UIW MMU Siagakan Ribuan Personelnya di 48 Posko Jaga Kelistrikan Andal Selama Pemilu

Berita Terbaru

Kepala BPKAD Provinsi Malut Ahmad Purbaya

Headline

Deadline Besok, Dana Hibah Pilkada Malut Terhambat SPM

Rabu, 28 Feb 2024 - 10:58 WIT

Kordiv HP2H Bawaslu Pulau Morotai, Mulkan Hi. Sudin

Headline

Bawaslu Morotai Sikapi Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu

Selasa, 27 Feb 2024 - 20:53 WIT

Tim Kuasa Hukum tengah berkoordinasi dengan instansi terkait di lingkungan Pemkot Ternate terkait lahan kantor Dishub. (foto/arul)

Headline

Kasasi di MA, Status Lahan Dishub Ternate Dimenangkan Pemkot

Selasa, 27 Feb 2024 - 20:17 WIT

error: Konten diproteksi !!