Akademisi : Perjalanan Bupati dan Puluhan Pimpinan OPD di Jakarta Hanya Habiskan Uang Daerah

- Editor

Rabu, 14 September 2022 - 13:44 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dr. Muammil Sun’an, SE, MP, M.AP

Dr. Muammil Sun’an, SE, MP, M.AP

Bobong, Maluku Utara- Keberadaan Bupati dan puluhan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu di Jakarta mendapat sorotan dari Akademisi Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Dr. Muammil Sunan.

Kepada Haliyora, Muammil menyebut bahwa keberadaan puluhan pejabat tersebut hanya menguras anggaran daerah saja. Ini karena dari sekian pejabat yang berada di Jakarta, tak sedikit pula ada pejabat yang tak masuk daftar list pejabat yang diundang dalam kegiatan dimaksud, namun memaksa ikut berangkat keluar daerah.

“Harusnya yang berangkat hanya yang diundang, karena ada kaitan dengan tupoksinya. Sehingga OPD lainnya harusnya tahu diri jika tidak diundang. Kalau tidak diundang bisa dipastikan mereka ke Jakarta sekedar jalan-jalan, bukan ikut kegiatan. Karena pastinya tidak ada dalam daftar undangan sebagai peserta,” sesal Muammil, Rabu (14/9/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurutnya, bagi pimpinan OPD yang tidak diundang harusnya diam di daerah agar bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, tidak ada alasan bagi pimpinan OPD yang tak mendapat undangan untuk turut hadir di Jakarta meskipun kegiatan tersebut ada kaitan dengan tupoksinya.

“Pimpinan OPD harusnya biasakan sering berada di daerah agar bisa dekat dengan masyarakat. Jangan terlalu keluar daerah hanya menghabiskan anggaran daerah. Itu hanya alasan, kalau ada kaitan sudah pasti diundang dan itu sangat merugikan jika tidak ada timbal balik yang diberikan ke daerah karena sudah habiskan anggaran daerah,” timpalnya.

BACA JUGA  Klarifikasi Ketua Bawaslu Malut, Bawaslu Halteng Harap LO Balon SA Kooperatif

Dirinya juga menyarakan kepada Bupati dan pimpinan OPD agar lebih banyak berada di daerah dan sering turun ke masyarakat agar lebih mengetahui kebutuhan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat. “Kurangi perjalanan keluar daerah, sering-sering turun ke masyarakat dan dengar keluhan mereka,” sarannya.

Sebelumnya, dengan dalih menghadiri undangan rapat koordinasi aksi nasional rencana percepatan pembangunan daerah tertinggal yang diselenggarakan oleh Kemendes PDTT di Jakarta pada Selasa (13/09/2022) kemarin, puluhan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu ramai-ramai ke Jakarta.

Ironisnya, keberangkatan puluhan pejabat di Jakarta ini berdasarkan surat undangan Nomor :565/PDT.02/IX/2022 tertanggal 06 September 2022, hanya diikutkan 13 pimpinan OPD dan Sekda Pulau Taliabu saja yang masuk dalam daftar undangan alias diundang.

Selain Sekda, Salim Ganiru, 13 pejabat yang masuk list undangan kegiatan ini antara lain, Kepala Bappeda, Hi. Syamsudin Ode Maniwi, Kepala BPBD Sutomo Teapon, Kepala Dinas PUPR Supraidno, Kepala Dinas Perhubungan Irwan Mansur, Kepala Dinas Kominfo Gafarudin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Abrar Silia, Kepala Dinas Pertanian Septinus Barunggu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Masyudin La Maibambu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ridwan Aziz, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Basri La Timbasa.

BACA JUGA  Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Maluku Utara Belum Reda

Kemudian Kepala Dinas Kesehatan, Kuraisia Marsaoly, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, Haruna Masuku dan Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa, Agusmawati Toib Koten.

Sementara pejabat yang tak mendapat undangan menurut data haliyora.id antara lain, Kepala Dinas Pendidikan, Citra Puspa Sari Mus, Kepala Dinas Capilduk, Maslan, Kepala Dinas PTSP, Jumadin Jamau, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Atma, Sekertaris DPRD, Moh. Amrul Badal, dan Kepala Dinas Perkim, Arwin Tamimi.

Kemudian, Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), Abd Kadir Nur Ali, Kepala Kesbangpol, Husen Adam, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM), Surati Kene, Kepala Balitbangda, Gama Ashar dan Kepala Kantor Inspektorat, Gesberd Tani.

Selanjutnya, Kabag Umum dan Protokoler, Abdul Jalil, Kabag Tata Kelola Pemerintahan, M. Semarlan, Kabag Hukum, Julkifli La Jupa, Kabag BPBJ, Syamsudin, Kabag Kesra, La Ode Alwian dan Kabag Ortala, Kisman Duwila.

“Iya, memang yang diundang itu cuman 13 OPD dan Sekda saja, akan tetapi karena kegiatan itu ada keterkaitannya dengan OPD yang lain juga, makanya semua diikutsertakan,” ungkap Ramli kepada wartawan haliyora.id, Selasa 13 September kemarin. (Ham-2)

Berita Terkait

Polres Halteng Bantah Lamban Tangani Kasus Pencurian di Toko Sriwijaya
Partai Demokrat Resmi Usung Dua Petahana di Maluku Utara
PAN Resmi Usung Muttiara-Salim di Pilkada Halteng
Terbitkan 2 Rekomendasi Cakada di Malut, PDIP Optimis Ketua DPD Menang Pilkada
Hari Pertama Bertugas di Halut, Ini Kata Kapolres AKBP Faidil Zikri
Ahli Soroti Dugaan Proyek Fiktif MCK di Pemda Taliabu, Minta Jaksa Terbuka
PLN UIW MMU Hadirkan Kampus Yantek di Masohi dan Tual Guna Tingkatkan Skil dan Kompetensi Petugas
Grebek Pesta Sabu di Ternate, Polisi Amankan Seorang Pemuda, Satu Lolos
Berita ini 407 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:50 WIT

Polres Halteng Bantah Lamban Tangani Kasus Pencurian di Toko Sriwijaya

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:28 WIT

Partai Demokrat Resmi Usung Dua Petahana di Maluku Utara

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:08 WIT

PAN Resmi Usung Muttiara-Salim di Pilkada Halteng

Sabtu, 20 Juli 2024 - 18:20 WIT

Terbitkan 2 Rekomendasi Cakada di Malut, PDIP Optimis Ketua DPD Menang Pilkada

Sabtu, 20 Juli 2024 - 16:48 WIT

Hari Pertama Bertugas di Halut, Ini Kata Kapolres AKBP Faidil Zikri

Sabtu, 20 Juli 2024 - 14:32 WIT

Grebek Pesta Sabu di Ternate, Polisi Amankan Seorang Pemuda, Satu Lolos

Jumat, 19 Juli 2024 - 21:13 WIT

Siap-siap, KPK ke Morotai Maluku Utara, Agenda Apa?

Jumat, 19 Juli 2024 - 19:02 WIT

Akui Rumit, Audit Proyek LPT Dikbud Maluku Utara Kembali Diperpanjang

Berita Terbaru

Penyerahan rekomendasi B1-KWK ke bakal paslon Tauhid-Nasri untuk Pilwako Ternate dan ke James-Djufri ke Pilbup Halbar pada Pilkada November 2024. Rekomendasi diserahkan langsung Ketua Umum partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di kantor DPP, Jakarta, Sabtu (20/7/2024).

Headline

Partai Demokrat Resmi Usung Dua Petahana di Maluku Utara

Sabtu, 20 Jul 2024 - 20:28 WIT

Rekomendasi B1-KWK PAN ke pasangan Muttiara T Yasin-Salim Kamaludin

Headline

PAN Resmi Usung Muttiara-Salim di Pilkada Halteng

Sabtu, 20 Jul 2024 - 20:08 WIT

error: Konten diproteksi !!