Pemkot Ternate Target Vaksinasi Anak Usia 6 Hingga 12 Tahun

iLustrasi

Ternate, Maluku Utara- Meski target vaksinasi nasional sudah capai bahkan telah melampaui, namun Pemkot Ternate melakukan vaksinasi kepada warga.

Kali ini, khusus vaksinasi anak usia 6 sampai 12 tahun, Pemkot Ternate menargetkan sebanyak 21.000 orang yang menyasar ke siswa sekolah negeri maupun swasta.

Bacaan Lainnya

Itu disampaikan Wali Kota Ternate, M Tauhid kepada awak media di kantor Wali Kota Ternate, Senin (17/01/2022).

M. Tauhid mengatakan, vaksinasi anak merupakan tindaklanjut dari Keputusan Menkes tentang pelaksanaan vaksinasi, serta surat dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes. Adapun jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi anak adalah jenis Sinovac.

“Vaksinasi anak di bawah usia ini dilaksanakan di seluruh Indonesia, prosedur pelaksaan vaksinasi mengacu pada Surat Keputusan Menteri Kesehatan tentang Pelaksanaan Vaksinasi dengan Jenis sinovac,” kata Tauhid.

Meski begitu, sambung Tauhid, apabila orang tua anak berkeberatan (tidak mengizinkan) anaknya divaksin, maka harus mengajukan surat pertemuan orang tua. “Jadi kalau orang tua tidak setuju, maka itu hak mereka,” ujarnya.

Lanjut Tauhid, untuk vaksinasi terhadap lansia, karena hingga sekarang baru mencapai 35 persen maka akan dilakukan bersamaan dengan vaksinasi anak. ”Kita akan kejar target capaian vaksinasi terhadap lansia, sehingga akan dilaksanakan bersamaan dengan vaksinasi anak usia dini,” pungkasnya. (Arul-1)

Pos terkait