Pilkades Morotai : Cakades Falila Lapor Dugaan Politik Uang

ilustrasi

Morotai, Maluku Utara- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 13 desa di Kabupaten Pulau Morotai pada Rabu (12/01/2021), lalu masih menyisahkan maslah.

Masalah muncul di Pilkades Desa Falila Kecamatan Morotai Selatan. Pasalnya, dua dari empat Cakades yakni Cakades nomor urut 01 atas nama Amelia  Dorkas Tail dan nomor urut 04 atas nama Noch Rabiun megkomplen hasil pemilihan yang dimenangkan calon nomor urut 02 atas nama Denfrisk Merek. Mereka menilai ada politik uang dibalik kemenangan Denfrisk Merek

Bacaan Lainnya

Atas dugaan money politik tersebut, Amelia Dorkas Tail dan Noch Rabiun sepakat mengajukan keberatan kepada Panitia pemilihan. “Saya dengan Noch Robin  bersepakat mengajukan keberatan atas hasil yang dicapai oleh Pak Denfrisk Merek, karena ada indikasi politik uang. Tahapan-tahapan Pilkades sebelumnya berjalan lancar, namun jelang tahapan pemilihan, indikasi politik uang yang mengarah ke calon nomor 02 cukup kuat. “Laporan sudah kami lengkapi dan telah disampaikan tadi malam ke pihak Panitia Pilkades Desa Falila, dan mereka (Panitia Pilkades) pun merespon gugatan kami bahwa harus lapor langsung ke Bupati (Benny Laos), selanjutnya ke DPMD, Polsek Morotai Selatan dan Polres Pulau Morotai,” ucap Amelia.

Amelia menyebut mempunyai bukti kuat berupa kesaksian warga yang menerima uang dari calon nomor urut 02. “Saya sudah kumpulkan bukti-buktinya atas saran Panitia Pilkades.

Amelia berharap laporannya dapat diproses sesuai ketentuan yang berlaku. ”Paling tidak Pilkades diulang atau hasilnya dibatalkan jika terbukti ada politik uang,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pulau Morotai, Faisal Kudo, saat ditemui Haliyora.id, di kantor Bupati, Kamis (13/01), mengatakan, laporan gugatan dari Desa Falila sudah masuk. Selanjutnya akan ditindaklanjuti.

Meski demikian, kata Faisal, Cakades yang lain juga harus buat surat laporan ke Bupati untuk ditanggapi jika dugaan politik uang dalam Pilkades di Desa Falila itu benar.

“Saya juga akan laporkan ke Kadis PMD tentang masalah ini. Tapi harus ada bukti-bukti kuat,” ujarnya.

Sementara, saat dikonfirmasi melalui whatsApp, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pulau Morotai, Ahdad Hi. Hasan tidak merespon.

Diketahui, DPT Desa Falila sebanyak 210. Pilkades dimenangkan calon nomor urut 02 atas nama Denfrisk Merek dengan memperoleh  70 suara , Calon nomor urut 01 atas nama Amelia Dorkas mendapat 42 suara, calon nomor urut 03 atas nama Andrias Ragaku memperoleh 40 suara, dan calon nomor urut 04 atas nama Noch Rabiun mendapat 32 suara. (Tir-1)

Pos terkait