Awan Cumulonimbus Mengintai Ternate, Masyarakat Diminta Waspada

iLustrasi

Ternate, Maluku Utara- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Meteorologi Sultan Babullah Ternate kembali memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang di Maluku Utara.

Sebagaimana disampaikan Prakirawan Cuaca BMKG Sultan Baabullah Ternate, Zaky Alin Nuary kepada Haliyora, pada Jum’at (14/01/2022), bahwa kecepatan angin  bertiup dari Barat Laut ke Timur Laut dari 05 sampai 50 km/jam.

Bacaan Lainnya

Untuk suhu udara disebutkan 27 derajat celcius hingga 31 derajat celcius. Sementara kelembaban udara 65 persen sampai 80 persen.

Zaki menerangkan, terjadinya angin kencang disebabkan adanya awan kumulonimbus atau disebut dengan awan konvektif yang terjadi di Kota Ternate. Awan kumulonimbus adalah sebuah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya. “Pada umumnya cuaca ini cerah berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang,” terang Zaky.

Sambung Zaky, kecepatan angin tersebut dapat menyebabkan terjadinya tinggi gelombang signifikan hingga 2,5 meter bahkan lebih di perairan Loloda, Morotai, Ternate-Batang DuaDua-Bitung, Laut Halmahera,  bacan, Obi dan Sula.

“Kami berharap kepada nelayan untuk tetap waspada terhadap tinggi gelombang, sedangkan warga masyarakat pada umumnya harus mewaspadai  pohon tumbang. Untuk itu terus mencermati informasi cuaca dari BMKG,” pungkasnya. (Arul-1)

Pos terkait