Ini Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran Kapal KM. Karya Indah di Perairan Sula

  • Whatsapp

Sanana, Haliyora

Kapal KM. Karya Indah bertolak dari Ternate tujuan Sanana, Kepulauan Sula terbakar di perairan Lifmatola, Kabupaten Kepulauan Sula, pada Sabtu (29/05/2021)

Bacaan Lainnya

Dalam keterangan yang disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sula, Hendra Umabaihi, bahwa tim evakuasi gabungan dari Basarnas, TNI-Polri, Polair, Dinas Perhubungan dan PBDB Sula, langusung bergerak cepat menuju lokasi untuk memberikan pertolongan setelah mendapat informasi terjadinya kebakaran KM. Karya Indah.

Kata dia, penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, akan tetapi dugaan sementara kebakaran berawal dari mesin kapal. “Penyebab kebakaran kami belum tau pasti, tapi dugaan sementara api bersumber dari mesin kapal,” ujarnya.

Hal ini juga disampaikan salah satu penumpang Kapal KM. Karya Indah, Jor. Menurut dia, kebakaran terjadi pada mesin kapal

“Kebakaran terjadi pada mesin kapal. Para penumpang panik dan berhamburan mengambil pelampung dan langsung terjun ke laut menyelamatkan diri,” cerita Jor.

Hingga saat ini, menurut Kepala BPBD Sula, Hendra Umabaihi, masih ada satu penumpang yang belum ditemukan, sementara empat penumpang lainnya dilarikan ke rumah Sakit.

“Ada empat orang penumpang dilarikan ke rumah sakit, sementara penumpang lainnya belum ditemukan, sehingga dalam satu jam kemudian kalau belum ada informasi terkait penumpang yang belum ditemukan itu maka tim pencarian akan melakukan pencarian,” terangnya.

Dikatakannya, dalam daftar manifest tercatat penumpang sebanyak 181 orang, namun setelah didata kembali saat dievakusi ke pelabuhan Sanana, ternyata sebanyak 275 penumpang, “ itu sudah termasuk 15 orang ABK,” tuturnya. (AT-*)

Pos terkait