Tes CPNS Malut, Kuota Tetap, Formasi Bakal Berubah

  • Whatsapp
kepala BKD, Idrus Assagaf

Sofifi, Haliyora

Jadwal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ditetapkan pada 31 Mei hingga 21 Juni mendatang.

Bacaan Lainnya

Informasi tersebut disampaikan oleh kepala BKD Provinsi Maluku Utara Idrus Assegaf beberapa hari yang lalu.

Dijelaskan, pelaksanaan seleksi SKD CPNS dimulai Juli sampai September 2021. Sedangkan  seleksi PPPK guru dilaksanakan agustus sampai Desember 2021.

Meski demikian, kata Idrus, jadwal pendaftaran masih bisa berubah. Karena itu pihaknya masih menunggu informasi resmi dari pusat.

“Jadwalnya kemungkinan berubah, karena  informasi terbaru pada Jumat 28 Mei 2021, pemerintah pusat menunda pelaksanaan tes CPNS 2021 pada bulan ini,” kata Idrus Assagaf, Jum’at (28/05/2021).

Dikatakan, hari Minggu, 30 Mei 2021 besok, ada utusan dari kementerian untuk melakukan pertemuan dengan BKD Pemprov Malut membicarakan kembali waktu pelaksanaan tes. “Jadi dipastikan jadwal tes akan ditunda, bukan dilaksanakan bulan ini,” ungkap Idrus.

Ditanya soal formasi yang diminta dan ditetapkan Kementrian PAN-RB, Idrus belum bersedia mengungkap.

“Kalau formasi kami belum bisa mempublikasikan karena kita masih diberikan kesempatan untuk revisi. Sebab ada formasi yang tidak sesuai dengan persyaratan pendidikan, atau mungkin ada formasi yang belum menjadi kebutuhan daerah,” terangnya.

Meski begitu, masalah formasi tidak mempengaruhi kuota. “Yang direvisi hanya formasi, kuotanya tetap,” terang Idrus.

Disampakan,  untuk Maluku Utara jatah yang diberikan pada tahun ini sebanyak 8.508 formasi. Dari jumlah tersebut kuota untuk CPNS sebanyak 1.286 orang, sementara sisanya  7.222 untuk jatah PPPK.

Dijelaskan,  kuota CPNS sendiri tidak terdapat formasi tenaga pendidikan, yang ada hanya formasi kesehatan sebanyak 1.056 orang, dan tenaga teknis 230 orang. Sementara penerimaan PPPK yang jumlahnya 7.222 orang kuota, terdiri dari formasi guru sebanyak 6.970 orang, tenaga kesehatan 216 orang dan tenaga teknis 36 orang. (Sam-1)

Pos terkait