Mangga Dua dan Bastiong Langganan Banjir Saat Hujan, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
Banjir di Kelurahan Bastiong Kota Ternate

Ternate, Haliyora

Dalam seminggu terakhir, hampir setiap hari hujan deras mengguyur kota Ternate. Akibatnya terjadi banjir di sejumlah titik, seperti di Kelurahan Manga Dua dan Bastiong, Kota Ternate Selatan.

Bacaan Lainnya

Dikonfirmasi Haliyora via Whatsapp pada, Minggu (23/05/2021) camat Ternate Selatan Mochtar, S.Pi, M.Si, membenarkan terjadi banjir pada sejumlah titik di dua kelurahan tersebut.

Dikatakan, hal ini diakibatkan selokan tidak cukup besar untuk menampung debit air hujan sehingga meluap.

“Banjir tersebut dikarenakan got (selokan) terlalu kecil sehingga tidak dapat menampung debit air yang besar akibat hujan, sehingga airnya meluap,” terangnya.

Katanya, rata-rata pada titik banjir itu lantaran ada kali mati di bagian hulu, sehingga kalau hujan deras air tertampung di kali mati tersebut mengalir melalui selokan yang ukurannya kecil.

“Nah, karena debit air dari kali itu besar sedangkan paritnya kecil maka meluap keluar,” ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya sudah berkordinasi dan juga telah mengingatkan kepada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama selalu membersihkan parit supaya tidak tersumbat.

“Kami dari kecamatan dan lurah tetap berkordinasi dan selalu mengingatkan warga untuk bantu menjaga kondisi lingkungan terutama sampah agar dibuang pada tempat yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Camat Ternate Selatan berharap agar pihak terkait melakukan pelebaran saluran air (parit) pada sejumlah titik yang menjadi langganan banjir setiap musim hujan.

“Solusinya hanya satu yakni got (Selokan) harus diperlebar,” pungkasnya. (Ecal-1)

Pos terkait