Kementerian Agama RI Kembali Tinjau Kesiapan STQ Nasional di Sofifi

Sofifi, Haliyora

Tim Kementerian Agama RI kembali meninjau lokasi persiapan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat nasional tahun 2021 di Sofifi Provinsi Maluku Utara

Bacaan Lainnya

STQ  tingkat nasional sendiri rencana dilaksanakan pada 10 Oktober 2021 mendatang. Itu diungkapkan ketua panitia daerah STQ nasional, Salmin Janidi usai pertemuan dengan tim  Kementerian Agama RI di kantor Gubernur, Sofifi, Rabu (21/4/2021).

Katanya, sebelum melakukan pertemuan, tim dari Jakarta yang dipimpin oleh Analisis Kebijakan Direktorat Penerangan Agama Islam Kemenag RI, Helmi Saltian meninjau langsung lokasi pusat pelaksanaan STQ di Jalan KM 40 Sofifi, Kecamatan Oba Utara.

“Peninjauan ini sekaligus melihat kerja masing-masing bidang, agar rencana launching logo di bulan Juni nanti sudah rampung dan bisa dilaksanakan,” ucap Salmin kepada Haliyora, Rabu, (21/04)2021).

Salmin yang juga kepala Bappeda Malut menyebut tempat inap para kafilah selama berada di Sofifi sudah melampaui target.

Katanya Kamar yang tersedia saat ini mampu menampung 1.800 kafilah, sementara jumlah kafilah yang direncankan hanya 1.360 orang. “Kamar yang tersedia itu diluar 98 yang sementara dibangun, berarti ada space kurang lebih 400 yang kosong,” jelasnya.

Selain itu, kata Salmin, transportasi untuk antar jemput para kafilah juga akan disiapkan oleh Kementerian Perhubungan RI berupa bus sebanyak 25 unit.

“Sementara untuk infrastruktur pembangunan Masjid Raya Sofifi yang akan menjadi pusat pelaksanaan STQ nanti akan rampung sebelum Oktober 2921,” ungkapnya.

Hanya saja, astaka atau panggung utama yang saat ini sudah dibangun dengan progres 40 persen, kata Salmin, tidak jadi digunakan sesuai dengan rencana, karena posisinya berada disamping Masjid Raya. Sementara itu panggung utama akan dibuat pas di depan Mesjid.

“Jadi astaka yang saat ini telah dibangun bakal kita manfaatkan disaat lomba,  karena sudah terlanjur dibangun,” tutup  Salmin. (Sam-1)

Pos terkait