Cuaca Buruk, Harga Ikan Di Ternate Melonjak

Junaidi, salah seorang Pedagang Ikan

Ternate, Haliyora

Harga ikan di sejumlah pasar di Kota Ternate melonjak. Lonjakan harga tersebut terjadi sejak menjelang Ramadhan lalu.

Bacaan Lainnya

Namun kenaikan harga ikan bukan disebabkan meningkatnya kebutuhan di bulan puasa, melainkan oleh karena cuaca buruk dalam sebulan terakhir.

Sebagaimana pantauan Haliyora, di tiga pasar di Kota Ternate yakni Pasar Dufa-Dufa, Pasar Higienis dan Pasar Bastiong rata-rata mengalami kondisi serupa.

Seperti diungkapkan Junaidi, salah seorang Pedagang Ikan yang mengaku sudah sepekan harga ikan melambung.

“Harga ikan naik dalam sepekan terakhir. Ini karena cuaca buruk sehingga pasokan ikan dari kapal nelayan sangat terbatas, hasil tangkapan mereka tidak sebanyak sebelumnya. Kami pedagang hanya menyesuaikan dengan kondisi pasar,” ungkap Jainudin.

Junaidi menyebut, harga ikan per kilo sudah berada di atas rata-rata. “Seperti ikan Dolosi perkilo sekarang Rp 40.000, Kombong Rp 50.000 perkilo, Komo Rp 40.000 per kilo sedang Cakalang-redper Rp 100.000 per ekor,” terang Jainudin.

Katanya, sebelumnya harga cakalang per ekor Rp 50.000, sedangkan ikan jenis lain rata-rata di harga Rp 20.000. Walaupun harga ikan naik, kata Jainudin, warga masyarakat tetap antusias membeli.

“Mudah-mudahan cuaca cepat membaik dan tangkapan nelayan juga banyak sehingga harga ikan kembali seperti sebelumnya,” harap Jainudin. (Alfian-1)

Pos terkait