Buaya yang Ditangkap Mahasiswa Bakal Dikembalikan ke Habitatnya

Buaya yang di tangkap oleh mahasiswa di danau ngade

Ternate, Haliyora

Komunitas Reptil Malut rencananya membawa buaya yang melintas di jalan danau ngade akan dikembalikan ke habitatnya

Bacaan Lainnya

Sebelumnya dua orang mahasiswa berhasil menangkap seekor buaya yang melintas di jalan danau ngade pada rabu malam, tepatnya kamis dini hari (14/94/2021)

Kini buaya berukuran 1,5 meter yang sempat diamankan di kosan kedua mahasiswa itu telah diserahkan kepada Komunitas Reptil Maluku Utara.

“Pada Kamis pagi beberapa orang yang mengaku dari komunitas reptil Maluku Utara datang ke kosan dan ingin membawa buaya yang kami tangkap itu, dan sudah saya serahkan. Katanya mau dikembalikan ke habitatnya,” ungkap Isra, mahasiswa yang menangkap buaya tersebut kepada Haliyora, Sabtu (17/04/2021).

Perawatan Buaya yang di tanggap oleh Mahasiswa di Danau ngade beberapa waktu lalu

Dikonfirmasi terpisah, ketua Komunitas retpil Maluku Utara, Izwar Soleman membenarkan pihaknya telah mengambil buaya yang ditangkap dua mahasiswa untuk kemudian dilepas ke habitatnya

“Benar, kami mendengar informasi ada buaya ditangkap di jalan danau ngade, lalu kami bergegas mencari kedua mahasiswa yang mengaku menangkap buaya tersebut, kami datangi ke kost mereka di Kelurahan Gambesi untuk meminta agar buaya itu kami ambil untuk dilepas,” terang Izwar.

Katanya pengambilan buaya tersebut dikarenakan hewan buas itu berada dipemukinan warga yang dapat  mengancam keselamatan warga.

“Jadi kami sudah ambil, tapi ada terdapat luka-luka di tubuhnya maka  sementara kami rawat dulu barulah kemudian dilepas ke habitatnya diluar Ternate,” terangnya.

Dikatakan, pihaknya hendak menyerahkan buaya itu ke BKSDA namun pihak BKSDA memerintahkan untuk dilepaskan saja ke habitatnya.

“Kami mau serahkan ke BKSDA  hanya saja BKSDA memerintahkan untuk kembalikan ke habitatnya tapi sementara buaya itu dalam tahap pengobatan dulu karena ada luka di pinggang hewan reptil itu,” pungkasnya. (Alfian-1)

Pos terkait