Pencuri Spesialis Rumah dan Kantor di Tangkap Polisi

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora

Kepolisian Sektor (Polsek) Ternate Utara menggelar press confrens atas sejumlah kasus pencurian di wilayah hukum Polsek Utara yang terjadi pada Januari 2021.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang berlangsung, pada Selasa (02/02/2021), di halaman Mapolsek Ternate Utara itu dipimpin Kapolsek Iptu Joni Aryanto. S.Tr.K, didamping Kabag Humas Polres Ternate, Wahyudi dan Kasat Reskrim Polsek Utara. Ikram. S.

Kapolsek Ternate Utara menjelaskan Kasus pencurian pertama dengan pemberatasan terjadi pada Jum’at (29/01/2021) melibatkan tiga tersangka yakni SB  (25) Alias Oman, beralamat di Kelurahan Tabona, Kecamatan Ternate Selatan (draiver ojek), NT alias Pokes (31) alamat desa Falabisahaya, Kecamatan Sanana (wiraswasta), KB alias Komar (32) (draiver ojek) alamat Kelurahan Kasturian, Kecamatan Ternate Utara.

Kasus pencurian dengan ketiga tersangka tersebut berawal dari laporan Polisi L/P.04./1/2021/Sektor Ternate Utara tanggal 20 Januari 2021 atas nama saudara Wahyuddin Aman, tentang pencurian dua buah unit handphone Android merek Redmi Note 8 Pro warna Hitam dan Vivo Y12 warna putih Gold di kantor sekretariat panwascam Ternate Utara, Kelurahan Sangadji Utara.

Atas laporan tersebut, polisi melakukan penyelidikan ke sejumlah tempat penjualan HP pada Sabtu, (30/01/2021),  dan menemukan satu buah HP Android merek Redmi note 8 warna hitam, setelah dicek  imelnya ternyata sama seperti keterangan dalam laporan barang yang dicuri.

Kepada aparat resmob, penjual HP menerangkan bahwa HP tersebut dititipkan SB alias Oman untuk dibuka pola kuncinya dan akan kembali mengambil pada jam 21.00 WIT.

Dengan keterangan tersebut, polisi menunggu kedatangan SB sesuai waktu yang ditentukan. Tepat waktu yang ditentukan SB pun datang untuk mengambil HP yang dititipkan. “Saat itulah Resmob Polsek menangkap pelaku,” ujar kapolsek.

Lanjut Kapolsek, setelah diinterogasi di Mapolsek Ternate Utara, SB alias Oman mengaku ia bersama dua temannya melakukan pencurian barang tersebut.

Dari keterangan tersangka SB, Resmob bergerak cepat dan kembali berhasil menangkap dia pelaku lainnya berinisial NT alias Pokes dan KB alias Komar di salah satu kontrakan di kelurahan Salero, Kecamatan Ternate Utara.

Dalam pemeriksaan, tiga tersangka juga mengaku telah melakukan pencurian dalam satu bulan terakhir di sejumlah tempat dalam wilayah Ternate Tengah dan Ternate Utara.

Mereka melakukan pencurian pada malam hari (dini hari) dengan mendatangi kantor atau rumah warga pada pukul 02.00-04.00 WIT. Mereka masuk melalui jendela rumah/kantor untuk menggasak barang yang bernilai.

NT bertugas mencongkel jendela menggunakan obeng  kemudian masuk mengambil barang, sementara SB dan KB bertugas memantau situasi.

Adapun Barang Bukti Yang Berhasil diamankan dari tangan ketiga tersangka adalah 16 buah handphone berbagai merek, 3 unit leptop , dua buah unit camera, satu unit jam tangan, satu  obeng warna hitam, dan satu unit sepeda motor beat warna biru putih dengan nomor Polisi DG. 4261 QK.

“Atas perbuatan mereka, ketiga tersangka dijerat pasal 363 ayat (1) 4e, dan 5e KUHP Junto Pasal 64,  KUHP tentang Pencurian Pemberatan yang dilakukan di tempat berbeda, masing-masing di sebuah Kantor Panwascam Ternate Utara dan rumah-rumah warga di Ternate Utara dan Tengah dengan hukuman 7 tahun perjara,” terang Kapolsek. (Jae-1)

Pos terkait