Ternate Dilanda Hujan dan Angin, Satu Pohon Besar Tumbang

Ternate, Haliyora

Sebatang pohon besar tumbang dan menutupi ruas jalan Sultan M. Jabir Syah, kelurahan Soasio, Ternate Utara, Sabtu pagi (16/01/2021).

Bacaan Lainnya

Pohon besar itu tumbang akibat hujan deras dan angin kencang di Kota Ternate sejak Jum’at Sore hingga Sabtu pagi.

Beruntung tumbangnya pohon tersebut tidak menimbulkan korban, baik korban jiwa maupun kerusakan bangunan. Hanya saja sempat menimbulkan kemacetan lalulintas beberapa saat.

Pantauan Haliyora di lokasi tumbangnya pohon itu terlihat petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate langsung turun dengan peralatan lengkap membersihkan pohon itu dari ruas jalan. Sekitar 12 personil penebang pohon langsung mengevakuasi pohon besar yang tumbang itu.

Sementara, sejumlah aparat kepolisian terlihat sibuk mengatur arus lalulintas untuk memberikan ruang kepada petugas DLH yang melakukan pekerjaannya.

Diwawancarai di lokasi kejadian, pada Sabtu pagi (16/01/2021), Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate, Tonny Sachruddin Pontoh mengatakan pihaknya menerima informasi tumbangnya pohon tersebut sekitar pukul 05.30, ia langsung mengarahkan personil ruang terbuka hijau menuju lokasi dengan peralatan untuk menyingkirkan pohon yang tumbang seraya membersihkan jalan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” ungkap Tonny.

Tonny menambahakan, aparat kepolisian Polres Ternate juga membantu mengatur lalulintas yang sempat macet dan mengarahkan ke jalur lain.

“Selain pihak DLH, kami juga dibantu oleh para personil Polres Ternate untuk mengendalikan arus lalulintas, sehingga proses evakuasi ini berjalan cepat.

Tonny menghimbau warga Kota Ternate untuk hati-hati dan mewaspadai cuaca sekarang yang lagi musim hujan.

“Mengingat perubahan cuaca di Ternate yang saat ini sedang musim hujan dan kadang disertai angin kencang sehingga kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih beriktiar dalam beraktifitas,” imbuhnya. (Echal-1)

Pos terkait