Dari Kemeriahan HUT Ke-61, PP Dukung Kader yang Bertarung di 3 Daerah

Ternate, Haliyora

Sejak 61 tahun silam Pemuda Pancasila (PP) dideklarasikan. Dan, pada Rabu (28/10) hari jadinya diperingati bersamaan dengan perayaan HUT Sumpah Pemuda ke- 92.

Bacaan Lainnya

Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP Provinsi Maluku Utara merayakan dua momen bersejarah itu di Room Royal Resto secara sederhana namun tetap meriah penuh hikmah.

Peringatan hari jadi PP dan hari Sumpah Pemuda itu bertemakan ’Persatuan Indonesia’ itu dihadiri Gubernur Maluku Utra, KH. Abdul Gani Kasuba, yang juga selaku Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi PP Malut.

Acara tersebut juga dirangkai dengan pelantikan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Se-Maluku Utara, dan Rapat Pleno diperluas. Selain itu juga kegiatan sosial berupa santunan anak yatim di beberpa panti asuhan. Anak-anak yanti di tiga panti yang mendapatkan bantuan sosial PP yakni Panti Asuhan Kelurahan Salero, Batu Anteru dan Moya.

“Rangkaian kegiatan HUT PP ini kita lakukan pelantikan Pengurus MPC seluruh kabupaten/kota se- Maluku Utara, Pleno diperluas dan kegiatan sosial berupa pemberian santunan kepada anak yatim di beberapa Panti Asuhan yang mungkin terdampak pandemi Covid-19. Yaitu Panti Asuhan di Salero, Bantu Anteru dan Moya,” kata juru bicara PP Rafiq Kailulu kepada wartawan, Rabu (28/10).

Rafiq juga mengatakan, dalam momentum peringatan Hari Jadi PP ke -61 dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini PP menyatakan sikap politik terkait Pilkada serentak 2020. Sikap politik PP ditetapkan dalam pleno yang diperluas.

Katanya ada tiga kader PP yang maju sebagai kontestan pilkada di tiga kabupaten/kota. Pemuda Pancasila telah menyatakan sikap mendukung penuh semua kaders yang maju dalam pilkada tersebut.

“Karena ada tiga kader yang maju di tiga kabupaten/kota yakni; Ketua MPO Kepulaun Sula Hendrata Thes, Ketua MPO Tidore Kepulauan Muhammad Sinen dan Ketua MPO Kabupaten Halmahera Barat Danny Misi. Maka PP masing-masing MPC dalan pleno diperluas itu memutuskan sikap mendukung sepenuhnya kadernya yang maju sebagai pasangan calon di tiga kabupaten/kota itu,” terang Rafiq.

Sementara, sambung Rafiq, untuk lima kabupaten/kota lainnya, PP tidak menentukan sikap mendukung paslon tertentu. Hal itu dikembalikan ke masing-masing MPC di derahnya untuk mengambil sikap.

Rafiq juga menyentil amanat ketua MPW PP Maluku Utara, Santrani Abusama bahwa Pemuda Pancasila merupakan persatuan pemuda yang dalam gerak langkahnya harus selalu dilandasi dengan jiwa Pancasila. Jiwa Pancasila wajib melekat pada diri masing-masing Pemuda. Diharapkan seluruh pemuda Malut, dimomentum ini agar memperkuat sikap dengan mengutamakan jiwa Pancasila.

“Pemuda Pancasila seluruh Malut harus melihat Sumpah Pemuda sebagai bagian dari pilar PP, dan melangsungkan segala aktifitasnya harus selalu mengingat perjuangan menggapai sumpah pemuda itu sendiri,”kata Rafiq meniru Santrani. (Ichal-1)

Pos terkait