Warga Sumbang Dana Kampanye, Ini Reaksi JOS

Tobelo, Haliyora

Paslon Bupati dan Wakil BupatiHalut nomor urut 2 Joel-Said (JOS) dapat simpati luar biasa dari warga desa WKO, kecamatan Tobelo Tengah.

Bacaan Lainnya

Betapa tidak, warga di desa itu bukan hanya siap mendukung dan memenangkan paslon JOS, bahkan mereka dengan ikhlas menyumbang dana kampanye untuk pasangan yang diusung PDI-P dan PKB itu.

Sumbangannya tidak besar, hanya Rp 1.000 per orang, tetapi ini sebuah bentuk dukungan yang langka dalam perpolitikan di Maluku Utara. Tidak mudah mendapat simpati semacam itu dari warga, apalagi dalam kondisi pandemic Covid-19 saat ini.

Kejadian langka itu terlihat saat paslon JOS berkampanye di desa WKO, pada Senin (19/10/2020). Di depan kedua pasangan calon, tanpa diduga, warga sontak meletakkan dua dos kosong di depan. Satu per satu warga setempat mengisi dos tersebut uang pecahan Rp 1.000.

Setelah dipastikan seluruh masyarakat sudah menyumbang, Yuliana Bawues, perwakilan masyarakat langsung menyerahkan uang tersebut kepada paslon JOS.

Mendapat kejutan dari warga tersebut, calon bupati dan calon wakil bupat Halut Joel-Said tak bisa berkata-kata, seakan tak percaya dengan kenyataan bahagia itu. Mata kedua tokoh itu terlihat berkaca-kaca menahan haru. Bahkan keduanya tak dapat membuka mulut kala Haliyora menanyakan tanggapan mereka atas sumbangan masyarakat itu.

Terpisah, Badi, tokoh masyarakat setempat mengatakan, warga WKO sangat bersimpati dengan paslon JOS. Gerakan koin seribu untuk JOS digagas warga tiba-tiba tanpa rencana. “Jadi itu gerakan spontanitas warga sebagai bukti dukungan kepada JOS,”imbuhnya. (Fik-1)

Pos terkait