YT-ADA Ingin Orang Ternate Bangkit dengan Pendidikan

  • Whatsapp
Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, Muhammad Yamin Tawary dan Abdullah Tahir (Yamin-Ada) mulai melaksanakan kampanye di Kelurahan Takome

Ternate, Haliyora

Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Ternate, Muhammad Yamin Tawary dan Abdullah Taher (YT-ADA) mulai melaksanakan kampanye politik sesuai jadwal yang ditetapkan KPU Kota Ternate. Safari politik YT-ADA diawali di Kelurahan Takome, Minggu sore (27/9).

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, hadir tokoh masyarakat, tokoh agama, dan sejumlah warga. Yamin mengungkapkan, bila diberi amanah bersama Abdullah Taher memimpin Kota Ternate, maka mereka akan memperjuangkan rantai produksi komoditas lokal, seperti pala, cengkeh, dan kelapa.

“Soal komoditas lokal itu, saya sampaikan ke mereka (masyarakat), kita akan berusaha untuk bagaimana memberikan peluang usaha. Misalnya daun cengkeh itu bisa menjadi minyak cengkeh. Selama ini hanya dibakar saja padahal itu duit. Pemerintah harus memfasilitasi itu supaya mereka bisa mendapatkan pekerjaan . Begitu juga pala, begitu juga kelapa,” ujar Yamin Tawary yang kerap disapa YT.

Ia bilang, selain itu, dalam dunia pekerjaan, keduanya juga akan memprioritaskan orang Ternate, yang diakuinya selama ini masih kurang mendapat perhatian.

“Ada perasaan (terpinggirkan) itu yang sangat kuat yang ada di perasaan mereka dan itu disampaikan ke saya sehingga saya kira tidak wajar orang-orang Ternate asli yang hidup di wilayahnya sendiri, di pulau dan kotanya sendiri kemudian mereka merasa tertinggal atau terpinggirkan. Itu tidak boleh,” ucapnya.

Menurut politisi senior yang fasih dengan beberapa bahasa lokal ini, orang Ternate bisa bangkit melalui pendidikan. Mereka juga harus diberi kesempatan untuk memegang birokrasi, dengan jabatan-jabatan penting.

“Mereka juga diberi kesempatan untuk bagaimana membangun ekonominya, mereka juga diberikan kesempatan untuk bagaimana bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas berupa pasar atau fasilitas-fasilitas berupa pembangunan Gelora atau gedung olahraga ataukah stadion di wilayah mereka. Dengan cara itu mereka akan tidak merasa terpinggirkan atau lain sebagainya,” pungkas pasangan calon nomor urut 4 ini. (Pm)

Pos terkait