Pemkot Ternate Bakal Gelar Operasi Yustisi, Tak Pakai Masker Sidang di Tempat

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Razia protokol kesehatan, terutama penggunaan masker bakal dilakukan lebih ketat dan tegas. Razia masker atau protokol kesehatan dinamakan Operasi yustisi ini bakal dimulai pada Senin (21/09/2029).

Bacaan Lainnya

Pada operasi yustisia nanti, bagi siapa yang tidak memakai masker atau tidak menerapkan protokol kesehatan langsung menjalani sidang di tempat.

Hal ini disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Ternate, Fhandy kepada Haliyora.com saat dimintai keterangan terkait penerapan sanksi protokol kesehatan sesuai perwali 20, Jum’at (18/09/2020).

Ia menerangkan, operasi yustisi yang sebelumnya hanya diberi sanksi dengan memberikan blangko denda, maka kali ini langsung dengan BAP atau Berita Acara Pemeriksaan.

“Jadi langsung disidang di tempat, dipimpin langsung dengan hakim yang ditunjuk oleh Kepala Pengadilan Negeri Ternate,” kata Fhandy.

Operasi Yustisi tersebut, sambung Fhandy, merupakan instruksikan langsung dari Kapolda Maluku Utara, sehingga nantinya melibatkan Polri, TNI, Satpol PP dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil atau PPNS.

“Ini karena di dalam Perwali Nomor 20 harus dari penyidik dan TNI, Polri yang memback-up,” ujarnya.

Kata Fandy, sesuai hasil rapat bersama dengan Kapolres, Dandim, BPBD serta Satpol PP, maka ditetapkan hari Operasi Yustisi akan dimulai, pada Senin (21/9/2020) di depan Mall Jatiland pukul 10:00 hingga selesai.

Ia kembali menegaskan, bagi orang yang beraktifitas di wilayah Ternate tidak menggunakan masker atau tidak menerapkan protokol kesehatan langsung disidangkan di tempat.

“Jadi operasi ini ada warna yang berbeda, karena ada pihak kejaksaan dan pihak pengadilan negeri, otomatis selain sanksi administrasi juga ada sanksi lain yang diberikan, tapi nanti kita lihat sesuai keputusan pengadilan,” tutup Fhandy. (Sam-1)

Pos terkait