Belajar Lewat TV Kabel, Ini Alternatif, Bukan Solusi

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ternate, berencana menerapkan metode belajar siswa melalui siaran TV Kabel. Metode ini dipilih untuk menggantikan metode Daring dan Luring, karna dinilai kurang efektif.

Bacaan Lainnya

Metode belajar siswa lewat siaran TV kabel yang digagas Dikbud Kota ini disambut baik pihak sekolah, salah satunya kepala sekolah SD Negeri 40 Kota Ternate, Ikbal Ahmad, M.Pd.

Ahmad mengatakan, metode belajar siswa melalui siaran TV kabel di Kota Ternate sangat baik dan lebih efektif dibanding Daring dan Luring. Karena belajar lewat TV sangat mungkin dapat dijangkau semua siswa serta meringankan orang tua murid.

“Menurut saya gagasan belajar siswa lewat siar TV kabel ini menarik dan sangat bagus dan lebih efektif karena semua siswa bisa ikut. Sedangkan belajar secara daring hanya efektif bagi siswa yang punya HP android dan mampu beli pulsa data. Kalau metode luring juga banyak dikeluhkan orang tua siswa, karena harus selalu mendampingi anaknya mempelajari materi pelajaran yang guru berikan,”ujarnya, Sabtu (29/08/2020).

Meski demikian, menurut Ahmad yang juga sekretaris PGRI Kota Ternate itu, bahwa baik metode daring/luring maupun belajar lewat TV kabel hanyalah alternatif karena pandemi Covid-19, bukan solusi.

“Ini karena ada pandemi Covid-19 jadi mau tara mau tong harus cari alternatif belajar supaya siswa tidak putus pelajarannya, jadi bukan solusi. Saya berharap semoga para siswa dapat mengakses belajar lewat siaran TV ini ,”imbuhnya. (Awhy)

Pos terkait