TPP-P3MD Halsel Gelar Rakor Maksimalkan Pendampingan

  • Whatsapp

Halsel, Haliyora.com

Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP-P3MD) menggelar rapat koordinasi di Sekretariat TPP-P3MD, Desa Tembal Kecamatan Bacan Selatan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Bacaan Lainnya

Rapat koordinasi ini diikuti 137 peserta yang terdiri dari TA, PDP, PDTI dan PLD, selama dua hari, mulai tanggal 20-21 Agustus 2020, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Tenaga Ahli (TA) Pembangunan Partisipatif, Edi Udin, saat ditemui Haliyora.com di kediamannya Desa Hidayat Kecamatan Bacan, Kamis (20/8), menerangkan bahwa agenda rapat koordinasi dibuat dengan maksud meningkatkan progress pendampingan masing-masing kecamatan, Pendampingan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) pendampingan perubahan APBDes 2020, penginputan SIPEDE, penginputan aplikasi covid- 19, penginputan aplikasi stunting, penginputan registrasi BUMDes, Perencanaan pembangunan desa 2021, Pendampingan LPJ masing-masing dan meninjau Permasalahan-permasalahan yang dihadapi di wilayah dampingan.

Kata Edi, rapat koordinasi kabupaten ini juga membahas terkait sistem pelaporan pendamping desa ke Kementerian Desa Pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi Republik Indonesia melalui satker dan tenaga pendamping professional provinsi Maluku utara.

“Rapat koordinasi ini juga sebagai wadah untuk dapat memberikan penguatan, pembimbingan kepada pendamping, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendampingannya di wilayah tugas masing-masing” jelas Edi.

Dia mengaku, rapat koordinasi ini biasanya dilaksanakan setiap akhir bulan, akan tetapi sempat tidak dilakukan pada beberapa bulan belakangan ini karena adanya Wabah Covid-19.

Alumni Fakultas Perikanan Unkhair Ternate ini berharap pasca rapat koordinasi kabupaten ini teman-teman pendamping dapat mengoptimalkan pendampingan dan bisa menyelesaikan kerja-kerja di desa lokasi tugas masing -masing. (Asbar-PN)

Pos terkait