Anggaran Pilkada Kota Ternate Telah Dicairkan 100 Persen

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Pemerintah Kota Ternate telah menuntaskan pencairan dana pilkada 2020, setelah dana sisa untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kota Ternate dicairkan.

Bacaan Lainnya

Diketahui, KPU Kota Ternate mengusulkan anggaran pilwako 2020 sebesar Rp 27,5 miliar dan sudah dicairkan tahap pertama sebesar 40 persen atau Rp 10 miliar. Demikian juga dana yang diusulkan Bawaslu sebesar Rp 12,5 miliar telah dicairkan pada tahap pertama sebesar 40 persen atau Rp 5 miliar.

Kini anggaran sisa untuk kebutuhan penyelenggaraan pilwako tersebut telah dicairakan seluruhnya pada tahap ke dua.

“Untuk tahap ke dua ini sisanya masing-masing sekitar 60 persen yang sudah dicairkan. Jadi untuk KPU anggaran sisa sebanyak 17 Miliar, sedangkan untuk Bawaslu sebanyak 7,5 Miliar. Jadi sudah cair 100 persen, karena tahapan Pilkada sudah jalan maka harus dilakukan pencarian lebih cepat,”ujar Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Ternate Taufik Jauhar, Rabu (05/08/2020) di kantornya.

Katanya, KPU dan Bawaslu Kota ternate telah mencairkan dana sisa mereka pada dua minggu lalu.

“Pencairan dana sisa 60 persen sudah dua Minggu lalu, karena ada desakan dari Mendagri, sehingga hal ini lebih diutamakan,”ungkap Taufik.

Sementara anggaran pengamanan Pilkada untuk unsur TNI dan Polri belum di cairkan, karena belum ada pengusulan atau permintaan dari kedua lembaga itu.

“Dana pengamanan pilkada belum cair karena pihak TNI/Polri belum mengajukan usulan/permintaan pencairan ke kami,”tutup Taufik. (Sam)

Pos terkait