Bawaslu Ternate Gelar Rakernis Pelanggaran Pemilu

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate gelar (Rakernis) tata cara penanganan Penyelenggara Pemilihan bagi panwaslu kecamatan dan kelurahan

Bacaan Lainnya

Rakernis dilaksanakan di Aula Kieraha Ball Room Muara Moll, Minggu (19/07/2020), dengan menghadirkan tiga pemateri, yakni Hendra Kasim dari akademisi dan dua dari komisioner Bawaslu Kota yaitu Rusli Saraha dan Sulfi Majid.

Kordinator Hukum dan penindakan (Kordiv) Sulfi Majid mengatakan, rakernis itu dilaksanakan sebagai penguatan internal kelembagaan penyelenggara Pemilu yang berkaitan dengan persoalan penanganan pelanggaran, karena persoalan pada penyelenggara pemilu sangat kompleks terutama pelanggaran terhadap asas-asas pemilu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat internal kelembagaan. Kami ingin memperkuat roh penyelenggara pemilu dan marwah penyelenggara pemilu,” katanya.

Katanya, melalui kegiatan ini diharapkan akan menambah pengetahuan dan pemahaman jukum bagi pengawasan dan PPL tentang Penanganan dan pelanggaran pemilu. Dimana kode etik adalah suatu kesatuan landasan moral, etis dan filosofi yang menjadi pedoman bagi pelaku penyelenggara pemilu yang diwajibkan, dilarang, patut atau tidak patut dilakukan dalam semua tindakan dan ucapan.

“Makanya saya berharap kepada peserta yang hadir sepertinya Kordiv Hukum, pengawasan, dan PPL, dapat mendengarkan dan mecermati dengan baik setiap materi yang diberikan oleh narasumber sebagai bekal dalam pelaksanaan pemilu,” harapnya. (jae)

Pos terkait