Usman-Basam Borong Partai, Akankah Pemilukada Halsel Tanpa Petahana ?

  • Whatsapp

Halsel, Haliyora.com

Calon Petahana hampir dipastikan tidak dapat mengikuti pertarungan dalam Pemilukada Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), yang akan digelar Desember 2020 nanti.

Bacaan Lainnya

Ini terlihat dengan diborongnya sejumlah Partai politik yang memiliki kursi di legislatif Halsel oleh Paslon Bupati dan Wakil Bupati Usman Sidik dan Hasan Ali Basam Kasuba (Usman-Basam). Sejauh ini Usman Basam telah mengantongi; Partai PKB (4), PKS (3), PSI (1), Demokrat (2), PAN (1) dan Golkar (5), dengan jumlah 16 Kursi.

Selain resmi mengantongi 16 kursi dari sejumlah partai tersebut, Paslon Usman-Basam mengaku dalam waktu dekat akan mendapatkan SK dukungan atau rekomendasi Partai Gerindra dan PDIP.

Optimisme akan menggandeng Gerindra dan PDIP dalam koalisi besar ini disampaikan langsung Koordinator Pengarah Tim Pemenang Paslon Usman-Basam, Muhammad Kasuba (MK) usai gelar kegiatan Launching Baliho pemasangan Logo Partai Golkar dalam Koalisi besar tersebut. Bupati Halsel Periode 2015- 2010 dan 2010-2015 mengaku akan membuktikan bahwa PDIP dan Gerindra juga bakal merapat ke Paslon Usman-Basam.

“Golkar sudah terbukti, Berikut PDIP dan Gerindra lagi akan menyusul. Tapi semuanya kita serahkan pada yang punya otoritas (Partai), dan kita bertawakal kepada Allah yang punya otoritas tertinggi”, Tegas MK usai launching Baliho berlogo Golkar dalam Koalisi Usman-Basam, Desa Babang, Minggu (12/7).

Jika pernyataan MK terbukti, maka Calon Petahana Bahrain Kasuba tidak lagi mendapatkan cukup kursi sebagai persyaratan maju dalam Pemilukada Halsel Desember 2020 nanti. Pasalnya, Saat ini, Paslon Helmi Umar Muksin dan La ode Arfan (Umar-Ode) telah mengunci perburuannya dengan mengantong rekomendasi dukungan Partai Nasdem (5) dan Hanura (1) dengan jumlah 6 Kursi dilegislatif.

Sementara itu Usman-Basam kini telah mengantongi 16 Kursi dari 6 Parpol Pengusung, ditambah lagi menunggu bergabungnya Gerindra (3) dan PDIP (2), maka Usman Basam bisa dipastikan maju dengan 21 Kursi dari 8 Parpol Pengusung.

Dengan begitu, Partai yang memiliki kursi di Legislatif Halsel tinggal PKPI (2) dan Berkarya (1), dengan jumlah 3 Kursi dari jumlah 30 Kursi di DPRD Halsel. Sedangkan syarat untuk bisa ikut bertarung dalam Pemilukada Halsel nanti, minimal harus mengantongi 6 Kursi dari Partai pengusung.

Dari sisa kursi dan potensi perolehan 3 Kursi itu, bisa dipastikan Petahana Bahrain Kasuba yang digadang-gadang berpasangan dengan Lutfi Machmud, tidak lagi bisa mengikuti pertarungan dalam pemilukada Halsel Desember 2020. (red)

Pos terkait