Idhul Adha, Pemprov Malut Sediakan Rp 700 Juta untuk 50 Ekor Sapi

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com

Pemerintah Provinsi Maluku Utara siapkan 50 ekor sapi Kurban untuk diberikan ke 10 kabupetan/Kota.

Bacaan Lainnya

Itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Maluku Utara, Dihir Bajo, Rabu (08/07/2020).

Dikonfirmasi Haliyora.com, pada Rabu di Caffe Bukit Dufa-Dufa, Dihir mengatakan untuk lebaran Idul Adha tahun 2020 Pemda Provinsi Maluku Utara akan mendistribusikan 50 ekor sapi untuk korban di 10 kabupaten/kota.

Meski begitu ia mengaku belum mengetahui berapa per kabupaten/kota.

“Tahun ini hewan korban dari provinsi sebanyak 50 ekor yang nanti didistribusi ke 10 kabupaten/kota, tapi saya belum tahu berapa per kabupaten/kota, nanti kita lihat,”jelasnya.

Kata Dihir, jumlah hewan kurban dari provinsi di tahun ini menurun dibandingkan tahun 2019 kemarin. Katanya tahun lalu sebanyak 75 ekor sapi dan Kabupaten Halmahera Selatan mendapat bagian lebih banyak karena saat itu Halsel dilanda musibah.

“Tahun lalu 75 ekor sapi, dan Halsel dapa lebe banya, karena waktu itu Halsel ada musibah,”katanya.

Mekipun 50 ekor sapi itu atas nama pemprov, namun Gubernur juga membolehkan masing-masing SKPD menyediakan satu ekor sapi untuk disumbangkan sebagai hewan kurban.

“Gubernur menyampaikan bahwa kurban juga dapat dilakukan masing-masing SKPD satu ekor tergantung SKPD dan instruksi Gubernur agar disumbangkan,” ujar Dihir.

Ia menambahkan, total anggaran pengadaan 50 ekor sapi sebesar Rp 700 juta dan pengadaanya diserahkan ke pihak ketiga.

“Saya belum tahu pasti hewan kurbanya diambil dari luar atau dari daerah sini karena ada pihak ketiga yang menghendel ini, makanya saya tidak tahu,”ungkap Dihir. (Jae)

Pos terkait