Ketua Fraksi PKB DPRD Halsel Dukung Penerapan New Normal

  • Whatsapp
Ketua Fraksi PKB DPRD Halsel, Safri Talib (foto : Istimewa/Facebook.com)

Halsel, Haliyora.com

Rencana penerapan New Normal di Kabupaten Halsel disambut baik Fraksi PKB DPD Kabupatern Halmahera Selatan.

Bacaan Lainnya

Ketua Fraksi PKB DPRD Halsel, Safri Talib mengatakan fraksinya mendukung rencana pemerintah daerah Halsel itu.

“Prinsipnya Fraksi PKB mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Halsel menerapkan New Normal,”ujar Safri kepada Haliyora.com via watsapp, Minggu (21/06/2020).

Meski mendukung, namun menurut Safri, new normal harus diterapkan secara maksimal. Ia mengemukakan beberapa syarat yang harus dilakukan sebelum diberlakukan New Normal, terutama sosialisasi kepada masyarakat tentang apa itu new normal.

Sebab menurut dia, selama pandemi Covid-19, aktifitas masyarakat di Halsel, terutama di Kota labuha dan sekitarnya sudah seperti new normal.

Masyarakat, kata Safri, beraktifitas bebas dengan selalu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan, baik di pasar-pasar, kantor maupun tempat ibadah. Ia juga menambahkan, di pasar, kantor, maupun tempat-tempat ibadah itu sudah disediakan tempat cuci tangan.

“Jadi aktifitas masyarakat Halsel sebenarnya sudah dikategorikan new normal. Hanya saja, masyarakat perlu diedukasi, bahwa new nor bukan bebas pandemi, tetapi kebiasan hidup baru dengan mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Itu yang mesti disosialisaikan,”tandasnya.

Untuk lebih efektif, Menurut Safri, sosialisasi harus melibatkan semua stackholder dan tokoh masyarakat.

Dari segi penganggaran, kata Safri, harus lebih dimaksimalkan pada bidang pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Anggaran harus lebih dimaksimalkan pada kebutuhan yang lebih utama, misalkan pengadaan rapid tes, kemudian Pemda harus upayakan pengadaan PCR agar mempercepat pencegahan dan penanganan. Jika tidak, maka masyarakat yang dikarantina merasa dirugikan karena harus menunggu berbulan-bulan untuk mengetahui kepastian status kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, ia berharap dengan diberlakukannya new normal itu, sektor pendidikan dapat normal kembali, mengingat saat ini tahun ajaran baru sudah dimulai.

“Sekolah-sekolah harus segera dibuka, karena sudah masuk tahun ajaran baru, agar siswa segera mengikuti proses belajar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan,”imbuhnya.

Di sisi lain, Ketua Fraksi PKB itu berharap ada komunikasi dan koordinasi yang baik antara Kabupaten/Kota terkait pola penanganan Covid-19.

“Kordinasi dan komunikasi antar pemda Kabupaten/Kota ini penting agar tidak menimbulkan kegaduhan dimasyarakat akibat kesalahpahaman dalam pola penangana covid-19 yang diterapkan di masing-masing daerah,”imbuhnya. (Asbar)

Pos terkait