Di Ternate, Angka Pernikahan Menurun Sejak Bulan April

  • Whatsapp
Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kota Ternate, Maskur Sapsuha (foto : Riko/Haliyora.com)

Ternate, Haliyora.com

Pada bulan Januari 2020, jumlah pasangan yang mendaftar dan melangsungkan pernikahan di Kota Ternate tercatat sebanyak 180 pasangan. Di bulan berikutnya yaitu pada Februari 2020 ada 140 pasang pengantin baru, menurun sebanyak 40 pasang dari bulan sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Di awal masa darurat pandemic Covid-19, grafik perkawinan di Kota Ternate mulai stagnan. Tercatat di bulan Maret masih tetap 140 akad nikah dilangsungkan atau seeperti di bulan Februari.

Grafik pernikahan mulai menurun pada bulan April dan Mei. Penurunannya sangat drastis. Hanya 20 pasang pengantin baru pada bulan Mei 2020.

Hal ini disampaikan, Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kota Ternate, Maskur Sapsuha saat dikonfirmasi Haliyora.com, Senin (15/06/20200) di ruang kerjanya.

Maskur mengatakan, 20 pasang yang melangsungkan pernikahan pada bulan Mei ada di tiga kecamatan yakni Ternate Selatan sebanyak 10 pasang, Ternate Tengah 4 pasang, dan Ternate Pulau 6 pasang. Sementara di Kecamatan Ternate Utara tidak ada di bulan ini.

“Sebenarnya ada banyak pasangan mendaftar sejak bulan Maret dan April di KUA, namun rata-rata menunda pernikahan hingga akhir bulan Juni dan dan awal bulan Juli. “Mungkin mereka tako Corona,”ujar Maskur.

Maskur memastikan, jika pandemic Covid-19 sudah berakhir dan kondisi normal kembali, jumlah pasangan yang menikah akan melonjak.

“Karena dihantui dengan virus ini sehingga orang enggan untuk melakukan akad nikah, mungkin karena takut kenal virus. Tetapi kami pastikan jika kondisi sudah membaik dan normal lagi baru banyak lakukan akad nikah,”ucap Maskur.

Ia menambahkan, pendaftaran pernikahan tetap dibuka, baik mendaftar di KUA maupun langsung ke Kantor Kemenag Kota. Bahkan kalau ada yang mau melangsungkan pernikahan di kantor juga dipersilahkan.

“Yang jelas pendaftaran nikah tetap dilakukan, Kalau ingin menikah atau mendaftar datang saja langsung ke kemenag untuk melakukan pernikahan tetap saja kita layani. Teman-teman di KUA juga akan melayani selama jam kerja, baik lewat online atau datang langsung ke kantor,”imbuhnya. (Rico)

Pos terkait