Pilkada Saat Pandemi Covid-19, Camat dan Lurah Wajib Beri Edukasi pada Warga

  • Whatsapp
Dr. Jusuf Sunya meninjau dan memimpin rapat di Kantor Kecamatan Ternate Utara (foto : Samsudin/Haliyora.com)

Ternate, Haliyora.com

Menyambut agenda pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang tahapannya akan kembali dijalankan, para camat dan lurah di Kota Ternate, diharapkan dapat memberikan informasi dan sosialisasi yang edukatif kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Hal itu menjadi arahan Sekretaris Kota (Sekkot) Ternate, Dr Jusuf Sunya saat memberikan arahan pada para Aparatur Sipil Negara (ASN) ketika menyambangi Kantor Camat Ternate Utara, Ternate, Selasa (09/06/2020).

“Agenda dan tahapan Pilkada yang kita dilaksanakan ini masih dalam kondisi pandemi. Karena itu, membutuhkan ikhtiar dan kewaspadaan diri sehingga agenda politik ini dapat berjalan lancar,” ujar Jusuf.

Jusuf menyatakan Lurah adalah garda terdepan di masyarakat dalam melakukan pelayanan publik. “Sejatinya lurah setiap saat selalu berinteraksi dengan warga, sehingga bisa mengenali karakter masyarakat dan kondisi lingkungan sekitar,” tutur mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate itu.

Menurut Jusuf, ada dua agenda penting yang mesti menjadi perhatian seluruh ASN, yakni pentingnya menumbuhkan solidaritas dalam menghadapi berbagai dinamika lingkungan. Pemerintah, imbuhnya, saat ini fokus pada upaya pemutusan mata rantai penyebaran covid-19.

“Karena itu dibutuhkan kebersamaan, kekompakan dan kesadaran bersama semua pihak untuk patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan, baik di ruang publik maupun di lingkungan kerja. Tugas pemerintah adalah mengayomi, melayani dan melindungi masyarakat. Karena itu himbauan wajib pakai masker harus disampaikan tanpa henti,” pintanya.

Kepada para lurah, Sekkot menitipkan harapan agar bersama warganya tetap menjaga lingkungan sekitar serta ketentraman. “Agar tercipta suasana yang kondusif dan aman,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah telah menetapkan untuk melanjutkan tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 yang pemungutan suaranya akan dilaksanakan pada Desember 2020 dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Di Maluku Utara sendiri akan ada dua Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) dimana salah satunya Kota Ternate dan enam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup). (Sam)

Pos terkait