DPP PDI-P Baru Keluarkan Satu Rekomendasi Untuk Bakal Calon Kepala Daerah di Maluku Utara

  • Whatsapp
Irfan Hasanudin, Ketua BAPILU PDI-Perjuangan (foto: Haliyora.com)

Ternate, Haliyora.com

Agenda pilkada serentak secara nasional telah ditunda pelaksanaannya. Belum diketahui secara pasti kapan proses suksesi kepemimpinan daerah itu dilanjutkan.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, Partai politik sebagai kendaraan politik bagi bakal calon kepala daerah tetap giat mengatur strategi kemenangan. Itu karena hasil pertarungan pada pilkada dipandang menentukan pertarungan lebih besar di 2024.

Tak heran, jika para bakal calon diseleksi secara ketat oleh Parpol. Tujuannya hanya satu, raih kemenangan.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) adalah salah satu partai yang sangat selektif menetapkan bakal calon yang akan diusung.

Di Maluku Utara misalnya, sejauh ini Partai moncong putih baru mengeluarkan satu rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah dari delapan Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan pilkada. Dan itu ada di Kota Tidore Kepulauan. Cap. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen yang saat ini masih menjabat Walikota dan Wakil Walikota Tikep masih dipercaya untuk maju bertarung di Pilwako Tikep.

Ali dan Muhammad masih unggul dalam berbagai survey. Itu yang membuat DPP PDI-P menyodorkan rekomendasi kepada kedua kadersnya itu.

Itu diungkapkan oleh Ketua Bapilu DPD PDI-P Malut, Irfan Hasanudin kepada Haliyora.com usai rapat secara virtual dengan DPP PDI Perjuangan di Kantor DPD PDI Perjuangan, Kelurahan Santiong Ternate, Rabu (20/05/2020)

“Dari delapan daerah di Maluku Utara yang akan menggelar Pilkada, baru satu daerah yang telah dkeluarkan rekomendasi oleh DPP PDI Perjuangan yaitu Kota Tidore Kepulauan,”ungkap Irfan.

Rapat secara virtual dengan DPP PDI-P sendiri kata Irfan, dilaksanakan untuk mendengarkan penyampaian laporan perkembangan penanganan Covid-19 di daerah oleh Pemda setempat, serta perkembangan dinamika menghadapi pilkada serentak.

Irfan menjelaskan, pada rapat tersebut Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Pacul melaporkan kepada ketua Umum, bahwa dari 261 daerah yang akan menggelar pilkada, sebanyak 118 daerah sudah diputuskan rekomendasi oleh DPP. Sementara 21 daerah lainnya dalam tahap pembahasan.

Sementara, lanjut Irfan, dalam arahannya Sekjen DPP PDI-P, Hasto Kristianto menyatakan, pembahasan rekomendasi Calon Kepala Daerah oleh DPP akan dilalui dua tahapan yakni pengerucutan nama dan pengambilan keputusan oleh Ketua Umum.

“Olehnya itu daerah-daerah yang masih kurang datanya agar dilengkapi dan disampaikan ke DPP melalui Wakil Ketua bidang pemenangan pemilu DPP PDIP Bambang Pacul,”kata Irfan meniru Sekjen.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan yang juga hadir pada rapat tersebut menegaskan, sesuai instruksi yang disampaikan, bahwa seluruh tahapan pencalonan kepala daerah dan wakil kepala daerah dilakukan sesuai mekanisme partai, yaitu dimulai dari tingkat bawah dan disampaikan ke DPP. Tidak ada lagi proses yang lompat langsung, olehnya itu sekalipun perpu sudah keluar tentang pergeseran jadwal pilkada, akan tetapi proses di internal partai harus tetap berjalan.

“Arahan ketum, seluruh struktur harus diperkuat, kita menghadapi pertarungan 2024 adalah pertarungan ideologi, olehnya itu tiga pilar harus terus bergerak, yakni struktur, kaders yang di legislatif dan di eksekutif” pungkas irfan. (Red)

Pos terkait