Pasien 04 Batal Dipulangkan, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf (foto: Andre/Haliyora.com)

Ternate, Haliyora.com

Pasien 04 Covid-19 asal Kota Tidore kepulauan (Tikep) yang sudah dinyatakan sembuh rencannya akan dipulangkan hari ini batal dilakukan.

Bacaan Lainnya

Padahal sebelumnya oleh Tim Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara setelah menerima hasil pemeriksaan dan pasien 04 dinyatakan Negatif pada Jumat (25/4/2020).

Selanjutnya Jubir Gustu Provinsi Malut, dr. Alwia Assegaf menyatakan rencana dipulangkannya pasien 04 tersebut akan dilakukan pada hari ini Sabtu, (2/5/2020) sekitar pukul 10:00

Namun hari ini, sabtu (2/5) Jubir Gugus Tugas Malut, dr. Alwia Assagaf kembali mengumumkan lewat Group Whatsapp Media Center Gugus Tugas , Bahwa rencana pemulangan pasien 04 asal Tikep tersebut ditunda.

Pasalnya, pasien tersebut sempat melakukan interaksi dengan pasien 03 sebelumnya, sehingga menurut dokter yang menangani pasien tersebut, sebaiknya pasien ini dipantau lagi selama seminggu.

“Tadi ada diskusi tim dokter menganalisa lanjut, tentang pasien 04 yang sudah di nyatakan sembuh tetapi menurut dokter yang menangani, sebaiknya 04 dipantau lagi seminggu ini, sebelum kembali ke masyarakat. Karena katanya 04 sempat interaksi dengan 03.” Tuturnya

Nantinya, pasien 04 akan dikarantina selama 14 hari sejak hasil Laboratorium dikeluarkan tanggal 25 April lalu, dan akan berakhir sampai pada hari Jumat 8 Mei 2020, sambungnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi tentang kronologis kejadian hingga terjadinya interaksi pasien 04 dan 03. ia mengatakan, hal itu merupakan kewenangan penanganan di Rumah sakit.

“Tetapi dalam protap penanganan Covid-19, dimungkinkan perawatan pasien 2 orang dalam 1 kamar, yang penting ruangannya cukup luas dan selalu jaga jarak serta pakai masker,” Tandasnya

Menurutnya, pasien 04 saat ini menjalani karantina di Hotel Shahid Bela. (Andre)

Pos terkait