Pilkada Halut, PKB Dan PDI-P Sepakati Usung Basri – Joel

  • Whatsapp

TERNATE, HALIYORA.COM,- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Halmahera Utara memastikan mengusung Basri Amal dan Joel Wagono sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati/Wakil Bupati Halmahera Utara pada pilkada serentak 2020.

Kepastian itu, setelah DPP PKB mengeluarkan Rekomendasi untuk kedua balon tersebut. Hal itu disampaikan Ketu DPC PKB Halmahera Utara, Iswan Soakone kepada Haliyora.com via telepon pada, Senin (23/03/2020).

Bacaan Lainnya

Katanya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mengeluarkan rekomendasi untuk Basri Amal sebagai bakal calon bupati dan Joel sebagai bakal calon wakil bupati Halmahera Utara pada pilkada 2020.

Rekomendasi tersebut, kata dia diterbitkan DPP pada tanggal 12 Maret 2020, ditandatangani ketua umum DPP, Muhaimin Iskandar dan Sekretaris Jendral DPP, Hasauddin Wahid.

Lebih lanjut Iswan menjelaskan, Rekomendasi tersebut oleh ketua DPW PKB Maluku Utara, Jasri Usman langsung dibawa ke DPP PDI-P pada hari itu juga.

“Rekomendasi dari DPP PKB sudah turun untuk Pasangan Basri-Joel pada tanggal 12 Maret 2020 lalu. Rekomendasi itu ditandatangani langsung ketua Umum, Muhaimin Iskandar dan Sekjen Hasanuddin Wahid. Pada hari itu juga ketua DPW PKB Maluku Utara, Jasri Usman langsung membawa ke Sekretariat DPP PDIP ”,terang Iswan.

Terkait rekomendasi PDI-P kata Iswan, sebenarnya dijadwalkan di keluarkan pada hari Senin, (23/03/2020), namun terkendala penyebaran virus covic 19, maka akhirnya di tunda oleh DPP PDI-P, dan rencananya satu atau dua hari ke depan baru dikeluarkan.

“Yang jelas PKB dan PDI-P Halut tetap berkoalisi dengan mengusung Basri Amal dan Joel wagono sebagai calon Bupati dan wakil Bupati Halut, nantinya Ada beberapa partai juga yang akan menyusul”, ujar Iswan optimis.

Senada, Ketua DPW PKB Provinsi Maluku Utara, Jasri Usman saat di hubungi Haliyora.com via telepon, Senin (23/03/2020) membenarkan pernyataan Iswan.

“Yang jelas surat rekomendasi dari DPP PKB sudah keluar pada tanggal (12/3/2020). Kita juga menunggu surat rekomendasi dari DPP PDIP. Jadwalnya kan hari ini (Senin, 23/03/2020, red) tetapi sampai saat ini saya belum mengetahui”, kata Jasri.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku Utara Irfan Hasanudin saat diwawancarai Haliyora.Com pada Senin, (23/03/2020) di Markas Pemuda Pancasila menyatakan, untuk Halmahera Utara memang sudah ada kesamaan visi dan persepsi dengan PKB untuk koalisi bersama mengusung Basri – Joel.

“Untuk Halut memang kita di daerah sudah ada kesamaan persepsi untuk format koalisi dengan PKB mengusung Basri-Joel, dan sebenarnya Kamis lusa (26/03/2020), kami DPD dipanggil ke Jakarta untuk presentasi format koalisi di hadapan DPP, tetapi karena situasi nasional yang belum memungkinkan akhirnya ditunda sampai ada pemberitahuan selanjutnya. Jadi untuk Halut sudah clear, tinggal persetujuan DPP, mudah-mudahan DPP bisa setujui apa yang kami sepakati di Daerah”. Tutup irfan (Sam)

Pos terkait