PKB dan PDIP Usung Basri Amal dan Joel Wagono di Pilkada Halut

  • Whatsapp

Ternate, Haliyora.com
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Halmahera Utara hampir dipastikan berkoalisi menghadapi pilkada langsung 2020. Kedua Partai sudah sepakat mengusung Basri Amal dan Joel Wagono sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati yang diusulkan ke Dewan Pengurus Pusat masing-masing partai.
Kepastian berkoalisi memang belum seratus persen, mengingat baru DPP PKB yang menyetujui Basri Amal dan Joel sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Halut melalui Surat Persetujuan yang diterima jajaran Pengurus di tingkat Provinsi dan Kabupaten serta kedua bakal calon. DPP PKB mengeluarkan surat tugas sesuai usulan dari DPC PKB Halut dan DPW PKB Maluku Utara.
Surat Persetujuan bernomor 119/DESK-PILKADA/PKB/II/2020 ditandatangani Ketua DPP PKB tertanggal 6 Februari 2020. Salah satu isi surat persetujuan tersebut disebutkan, Desk Pilkada PKB memberikan tugas kepada meberikan tugas kepada pasangan calon sebagaimana dimaksud di atas untuk melakukan komunikasi dengan partai politik lain guna melengkapi koalisi sebagaimana ketentuan untuk mendaftar ke KPUD setempat. Sementara PDI-P yang pada tingkat DPC Halut telah sepakat berkoalisi dengan DPC PKB untuk mengusung Basri Amal dan Joel Wagono masih menunggu keputusan DPP PDI-P.
“Kita menunggu saja, yang jelas dalam waktu dekat sudah di lakukan pengumuman terkait dengan rekomendasi dari DPP PDIP”, kata Ketua DPC PDI-P Halut, Inggrit saat di hubungi Haliyora lewat telepon, Senin (24/02/2020).
Lebih jauh Inggrit menjelaskan, rekomendasi masih dalam proses sesuai atauran dan mekanisme Partai. Katanya, rekomendasi akan di keluarkan paling lambat pada bulan Maret.” Kita menunggu instruksi dari DPP dan DPD”, jelas Inggrit.
Sambil menunggu rekomendasi dari DPP, lanjut Inggrid, komunikasi politik dengan PKB terus berjalan. DPP PKB sendiri sudah mengeluarkan sutar tugas kepada kedua bakal calon yang diuasulkan yakni Basri Amal dengan Joel Wagono. Selain itu pihaknya terus melakukan komunikasi politik dengan partai lain.” kami juga terus melakukan komunikasi politik dengan partai lain, sehingga bisa bersama-sama dalam pemilihan kali ini”, tutup Inggrid.
Di pihak lain Ketua DPC PKB Halut, Irfan Soekoenae saat di hubungi Haliyora lewat telepon, Senin (24/02/2020) juga membenarkan partainya berkoalisi dengan PDI-P, walaupun kesepakatan berkoalisi denga PDI-P baru pada level DPC dan DPD /DPW kedua partai.
Irfan yakin kolaisi dengan PDI-P bakal dipatenkan walaupun masih menunggu keputusan DPP. Ia mengaku bahwa Surat Persetujuan dari DPP PKB sudah diberikan kepada DPD PDI-P dan telah diserahkan ke DPP PDI-P. Dengan demikian, sambungnya, PKB telah menunjukkan keseriusan untuk berkoalisi dengan partai pimpinan Megawati Soekarno Putri.
“Saya yakin PDI-P akan bersama PKB mengusung Basri dan Joel bertarung di pilkada Halut dan memenangkannya”, ujar Irfan optimis. (Sam)

Pos terkait