Disnaker Sediakan Pelayanan Berbasis Online

  • Whatsapp

TERNATE — Haliyora, Perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut semua pihak untuk menyesuaikan diri. Dibarengi dengan kemajuan teknologi informasi, segala sesuatu terasa begitu cepat berjalan.

Kebutuhan akan informasi yang cepat itulah yang juga menuntut pengembangan kemampuan bagi segala pihak. Informasi yang cepat dan mudah diperoleh dapat membuat segala sesuatu menjadi lebih ringan dijalani.

Bacaan Lainnya

Atas dasar itulah, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ternate kini memberikan pelayanan dalam bentuk penggunaan aplikasi yang dapat memudahkan para pencari kerja untuk memperoleh informasi.

Hal tersebut diutarakan Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek, Disnaker Kota Ternate, Roni Aries kepada Haliyora di ruang kerjanya, Jumat (13/12).

Menurut Roni, tujuan pemberian pelayanan dalam bentuk aplikasi ini adalah untuk memudahkan para pencari kerja dalam mendapatkan informasi tentang semua hal yang berkaitan dengan dunia pekerjaan.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah LENTERA atau Layanan Elektronik Tenaga Kerja. Dalam aplikasi tersebut, terdapat semua informasi yang berkaitan dengan dunia ketenagakerjaan.

“Aplikasi Lentera memuat segala informasi yang dibutuhkan, baik oleh pekerja maupun para pencari kerja,” ujar Roni. “Semuanya tersedia. Mulai dari informasi lowongan pekerjaan, kartu kuning atau kartu pencari kerja, informasi tentang pengaduan hingga informasi menyangkut upah minimum.”

Lebih jauh dijelaskan bahwa pelayanan informasi yang terdapat dalam aplikasi Lentera adalah layanan yang selama ini sudah sering dikeluhkan oleh para pekerja maupun pencari kerja.

“Beberapa hal penting yang sering dikeluhkan pekerja maupun pencari kerja diantaranya adalah informasi tentang upah minimum dan pusat pengaduan ketenagakerjaan. Aplikasi Lentera menyediakan informasi tentang hal-hal tersebut,” jelas Roni.

Roni juga menjelaskan tentang mudahnya para pekerja dan pencari kerja dalam mengunduh aplikasi Lentera ini bagi kepentingan mereka.

“Aplikasi Lentera dapat di-download atau diunduh dengan mudah lewat fasilitas playstore yang terdapat di semua ponsel Android,” tukasnya. “Sangat mudah.”

Di akhir keterangannya, Roni berharap agar masyarakat, terutama para pekerja dan pencari kerja, untuk dapat memanfaatkan adanya aplikasi Lentera bagi kemudahan dalam memperoleh informasi ketenagakerjaan.

“Kami berharap, seluruh masyarakat dapat memanfaatkan kemudahan pelayanan yang disediakan lewat aplikasi Lentera ini,” tutupnya. (alf)

Pos terkait