Kades Diduga Gelapkan Dana Desa, Warga “Serbu” Kantor Bupati

  • Whatsapp

Jailolo, Haliyora.com

Sejumlah warga Desa Togoreba Sungi Kecamatan Tabaru, Kamis (15/11/2018) mendatangi Kantor Bupati Halmahera Barat (Halbar). Dilengkapi mobil bermuatan sound sistem, mereka menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Halbar terkait dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) 2018 yang dilakukan oleh okum kepala desanya.

Bacaan Lainnya

Koordinator aksi, Jemris Mou selaku ketua BPD Desa Togoreba Sungi dalam orasinya meminta inspektorat Halbar agar segera memeriksa Kepala Desa Togoreba Sungi berinisial ST atas dugaan tersebut.

“Tuntutan kami ini agar segera melakukan audit dan pencabutan jabatan kepala desa, menyita mobil pribadi kepala desa yang bersumber dari DD atau berasal dari uang rakyat dan kembalikan uang rakyat yang sudah dikorupsi oleh kepala desa,” demikian sekelumit tuntutan yang disampaikan pengunjuk rasa.

[artikel number=4, tag=”halbar,unjras,desa” ]

Dalam orasinya juga, diungkapkan bahwa onkum kepala desa telah melakukan peminjaman uang yang berakibat hutang atas nama desa. “Ini dilakukan tanpa melalui musyawarah kesepakatan dengan BPD dan Kaur Pemerintahan Desa (Pemdes),” ujar Jemris dalam orasinya.

Aksi tersebut sendiri berlangsung damai. Setelah bertemu perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar yang diwakili Inspektur Pembantu Wilayah II, Husni Mubarak, massa aksi selanjutnya melakukan konvoi untuk melanjutkan aksi yang sama di DPRD meski kota Jailolo sedang diguyur hujan. (adb)

Pos terkait